Hubungan Housekeeping dengan Department Lain Secara Umum

Dalam Room Division, hubungan housekeeping paling utama ialah berkumunikasi dengandepartemen front office. Kedua departemen ini ibarat dua sisi mata uang yang berbeda, Housekeeping yang membersihkan kemudian Front office sebagai  penjualnya.



Hubungan housekeeping dengan front office secara umum adalah:
1.  Laporan status kamar
Laporan room status terintegrasi dengan system secara online melalui computer, sehinggastatus kamardengan   mudah   dapat   diketahui   oleh   front   office. Housekeepingbertanggung  jawab meng-update  status  kamar  tersebut  secepat mungkin setelahdiperiksa oleh housekeeping supervisor.
Laporan  room  status  termasuk  Vacant  Clean  (VC),  Vacant  Clean  Inspection (VCI), Vacant Dirty (VD), Sleep out (SO), Occupaid No Lugagge (ONL), Out ofService (OS), Out oforder (OO), Do not disturb (DND).
2.   Laporan.Discrepancy
Housekeeping  memeriksa  secara  langsung status  dari  tiap-tiap  kamarberdasarkan status yang ada di computer. Perbedaan status di computer dengansebenarnya disebut Room Discrepancy. Laporan ini biasanya dilakukan minimum kalisehari yaitu antara pukul 10 pagi dan 5 sore.
3.   Laporan kehilangan dan penemuan barang
Setelah check out,  kamar  diperiksa  oleh  housekeeping  dan  memastikan bahwakelengkapan barang-barang milik hotel tidak ada yang hilang. Jika ada yang   hilang,housekeeping melapor   ke   front   office   untuk   memproses pengembalian   atau pembayarannya. Housekeeping juga   melaporkan   setiap penemuan barangyang tertinggal, kemudian disimpan di housekeeping sebagai barang Lost and Found.
4.  Laporan lainnya
Laporan ini termasuk Extra bed, baby cot, Loan items, baby sister, dan laporan kerusakan oleh tamu.
5.  Room Blocking
Front  office  melaporkan perubahan  status  tiap-tiap  kamar  yaitu  kamar VIP, Expected Arrival, Expected Departure, Group, Check out, show room dan change room.
6.  PermintaanTamu
Front  office  memberitahukan  kebutuhan  tambahan  yang  diperlukan  oleh tamu, misalnya extra bed, baby   cot,   baby   sister,   kursi   dan   juga   setiap masalah / complain dari tamu yang berhubungan dengan pelayanan housekeeping
7. Front Office memberi informasi kepada tatagraha bahwa ada tamu segera masuk / check-in sehingga tatagraha dapat menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.
8.  mengirimkan daftar penghuni kamar setiap pagi.
9.  mengirimkan daftar kamar-kamar yang akan ditempati oleh tamu,meliputi tamu perorangan Tamu rombongan,atau tamu penting (VIP).
10. Memberitahukan   kepada   Housekeeping   mengenai   kamar-kamar   yang tamunya sudah check out sehingga kamarnya dapat di bersihkan.
11.  memberikan guest slip agar tatagraha tahu tamu yang baru check in.
12.   memberitahu perpindahan tamu dari kamar yang satu ke kamar yang lain.
13.  jika   terjadi   laporan   perbedaan   penghuni   kamar,antara   Housekeepingdengan  Front  Office, maka  room  discrepancy  report  dan  diadakan pengecekan langsung.
Hubungan Housekeeping  Department dengan Engineering Department
Hubungan kerja antara tatagraha dengan bagian engineering meliputin hal-hal sebagai Berikut :
1.   Perbaikan  dan  pemeliharaan  alat-alat  terutama  menyangkut  operasional tata graha, perbaikan telepon,ac,air dan listrik.
2.      Perbaikan perlengkapan Housekeeping yang ada di kamar tamu.
3.      Melakukan perbaikan sesuai dengan work order dari housekeeping.
4.  Memberitahukan housekeeping dan front  office tentang perbaikan yang lama,sehingga status kamar  dibuat  menjadi  Out  of  order.
5.  Memberitahukan housekeeping  tentang  perbaikan  kamar yang  sudah  selesai, agardiperiksa  danmelakukan  general  cleaning  untuk  dapat dijual  kembali.Melakukan  program perawatan dan perbaikan secara berkala untuk menjaga kondisi furniture, painting dan peralatan di hotel berfungsi dengan baik.
Dengan  demikian  dapat  dilihat  bahwa  antara  bagian  tatagraha  dengan bagian engineeringsangatlah erat. Jika peralatan operasional Housekeeping rusak, berarti pekerjaan Tatagrahaterganggu.  Bagian  tatagraha  memerlukan  bagian engineering untuk segera memperbaiki peralatan-peralatan yang rusak.
Hubungan  housekeeping  Department  Dengan Food  and  BeverageDepartement.
1.      Membantu mengeluarkan peralatan room service dari dalam kamar.
2.      Menyediakan  room  kebutuhan  linen  yang  diperlukan  di  restaurant  dan meeting room.
3.      Berpartisipasi dan mendukung setiap acara yang dilakukan oleh food and beveragedepartemen.
4.      Menjaga kebersihan FB outlets dan meeting room
5.      Pelayanan room service kepada tamu.
6.      pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu penting di executive room
Dengan  pelayanan  baik  oleh  tatagrahan  dan  food  and  beverage  maka tamuakan merasapuas dengan pelayanan pihak hotel.
Hubungan Housekeeping Department dengan accounting Department
1.      Bagian  housekeeping  meminta  barang-barang  kepada  bagia  purchasing (pembelian)dengan mengisi purchase requitition”, seperti permintaan peralatan kebersihan, chemical(bahan-bahan  kimia),perlengkapan  kamar,linen-linen  dan barang-barang lainnya yangdapat menunjang kegiatan operasional housekeeping.
2.      Membantu housekeeping dalam pembelian dan penyediaan barang dan peralatan yangdibutuhkan. Membantu  persediaan  barang-barang  kebutuhan  housekeeping sesuaidengan jumlah yang ditetapkan.
Hubungan  Housekeeping  Departement  dengan  Bagian  Personalia Departement & security
1.      Pengadaan tenaga kerja
2.      Pengangkatan pegawai
3.      Pelatihan pegawai
4.      Pemutusan hubungan kerja
5.      Cuti karyawan
6.      Surat peringatan untuk pegawai
7.      Pembayaran gaji dan lembur pegawai
8.      Membantu dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kepegawaian.
9.            Melakukan pelatihan, orentasi dan perencanaan karir karyawan.
10.    Bagian  housekeeping melaporkan  hal-hal  yang  mencurigakan  disekitar area pekerjasedangkan bagian security mengadakan pengawasan terhadap area kerja houseeping dan berusaha untuk dapat mengantisipasai hal-hal yang dapat mengganggu kegiatan  kerja,baik  gangguan  dari  dalam  maupun  dari  luar hotel. Keamanan barang-barang milik tamu dan juga keselamatan mereka selama menginap. Membantu mengawasi barang-barang milik
hotel tidak dibawa keluar hotel oleh karyawan.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment