Pertama Jalan Jalan ke Groningen Belanda

Saat ini saya kapal yang saya tumpangi sedang bersandar di eemshaven belanda. dan lumayan lama di sini. setiap harinya kami dinsediakan shuttle bus dari port ke groningen belanda. ini adalah pengalam pertama sayaenginjakkan kaki di di belanda. kalau saya lihat, belanda dan jerman tidak jauh perbedaannya. mungkin hanya bahasanya saja yg sedikit berbeda. 


kalau  kita jalan di jerman dan mau ketoilet itu free, tapi beda di belanda khususnya di groningen. jadi kamu harus bayar sekitar 50 cent sekali masuk toilet. walaupun kamu pergi ke burger king misalnya. jika kamu ingin ke toilet kamu harus bayar walaupun kamu sudah membelanjakan uangmu untuk membeli makanan di sana.


Kebanyakan penduduk di belanda itu bersepeda dan jarang sekali yang memakai sepeda motor atu pun mobil. jadi udara di sini cukup segar. dan di belanda juga banyak petani  dan petrnak. tapi berbeda dengan petani di indonesia yg masih manual. petani di sini semuanya menggunakan mesin jadi pertanian mereka lebih produktif.

di belanda juga banyak saya jumpai orang indonesia dan juga restaurant indonesia. seperti yg saya jumpai di groningen yaitu satehius, toko semarang dan toko melati. satehius menjual makanan indonesia seperti sate, gado gado, nasi goreng dan masih banyak lagi. sedangkan toko melati menjual makanan kering dan maknan instan seperti indomie ,sambal dan teman temannya.

mungkin hanya itu yg bisa saya bagi. lain kali akan saya share artikel perjalanan pelaut jalan jalan di kota lainnya. tetep staytune di blog saya. terima kasih banyak.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment