Kiat Tetap Berenergi Saat Berpuasa.

    Ramadhan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dalam kondisi pandemi saat ini, kamu dan keluarga menjalankan aktifitas dirumah termasuk menjalankan ibadah. Nah agar energi tetap terjaga saat menjalankan aktifitas di bulan puasa, berikut kiat penting yang dapat kamu lakukan:

  1. Jangan lewatkan makan Sahur.
  2. Usahakan untuk bangun dan makan sahur setiap hari dibulan Ramadhan. Sahur merupakan sarapan pagi Anda dihari nomal sekaligus sumber energi untuk beraktifitas seharian penuh.
  3. Tidur yang cukup dimalam hari.
  4. Setelah berbuka puasa dan ibadah dimalam Ramadhan, kamu memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain, tapi jangan sampai larut malam ya karena tubuh perlu istirahat yang cukup agar memiliki energi untuk bangun sahur dan menikmati santapan yang tersedia.
  5. Berolahraga ringan secara teratur.
  6. Berolahraga ringan seperti naik turun tangga, hulahop, sit-up, push-up dapat membuat badanmu sehat dan bersemangat. Pilih waktu yang tepat, seperti sebelum atau sesudah berbuka puasa dan teratur minimum 15 menit sehari ya.
  7. Mengkonsumsi air yang cukup agar tidak dehidrasi.
  8. Konsumsi air minimum 8 gelas sehari agar tubuhmu tidak dehidrasi pada saat sahur, buka puasa, selesai ibadah dan sebelum tidur malam.
  9. Mengkonsumsi makanan bergizi yang penuh serat sebagai sumber energi.
  10. Perbanyak konsumsi karbohidrat dari nasi merah, kentang atau jagung, kemudian kombinasikan dengan kelompok protein seperti telur, ayam, tempe, tahu dan lengkapi dengan sayur-sayuran dan buah-buahan.
  11. Membuat target yang ingin dicapai di bulan Ramadhan.
  12. Tuliskan targetmu dan keluarga dalam hal pekerjaan, kesehatan atau ibadah kemudian ajak anggota keluarga untuk saling mengingatkan agar target tercapai. Niscaya dapat meningkatkan semangat dan energimu.
    Demikian kiat tetap berenergi di bulan puasa. Jangan lupa untuk senantiasa menyukuri kebersamaan bersama keluarga ya.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment