5 Fungsi Kulit Dan Cara Menjaga Kesehatannya

Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Untuk memaksimalkan fungsi kulit, perlu dijaga kondisi kesehatannya.
Kulit terdiri dari berbagai komponen termasuk air, protein, lipid, beberapa jenis mineral, dan senyawa kimia.  Secara rata-rata, berat kulit seseorang sekitar 2,7 kilogram pada orang dewasa. Ada tiga lapisan utama kulit yaitu epidermis, dermis, dan hipodermis.
5 fungsi kulit dan cara merawatnya - alodokter
Berikut beberapa fungsi kulit yang penting untuk tubuh :
  • Melindungi tubuh
Kulit memiliki beberapa lapisan ektodermal (lapisan terluar kulit yang berhubungan langsung dengan lingkungan sekitar) dengan fungsi melindungi otot, tulang, ligamen, serta organ di dalam tubuh. Kulit juga sangat berperan terhadap daya tahan tubuh untuk melindungi diri dari kuman berbahaya.
  • Menjaga suhu tubuh.
Kulit dapat merespons naik atau turunnya suhu tubuh yang dikirimkan oleh sinyal dari otak. Untuk mendinginkan tubuh yang kepanasan, kelenjar keringat akan membuat tubuh mengeluarkan keringat melalui kulit.
  • Menyimpan dan melakukan proses sintesis
Kulit berfungsi sebagai pusat penyimpanan air dan lemak. Kemudian memungkinkan dilakukan proses sintesis vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari.
  • Menjadi indera perasa
Kulit memiliki beragam ujung saraf yang berfungsi sebagai indera perasa manusia terhadap panas atau dingin, sentuhan, getaran, tekanan, hingga cedera jaringan.
  • Mendukung penampilan
Kulit merupakan organ yang pertama kali dilihat oleh orang lain. Kulit dapat mendukung penampilan, daya tarik, sekaligus mood pada seseorang.

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Seiring dengan pertambahan usia, kulit akan mengalami perubahan. Kulit tidak lagi selembut ataupun kencang dibanding usia muda. Selain itu, kulit juga lebih cenderung kering, tipis, dan rentan terkena gangguan. Diperlukan perawatan kulit yang tepat untuk menjaga kesehatan dan vitalitas kulit. Meski kulit secara alami akan beregenerasi sendiri kurang lebih setiap 27 hari.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu:
Pertama, membersihkan kulit dua kali sehari. Sebelum tidur malam hari, hapus seluruh make up yang masih menempel di wajah. Disarankan untuk menggunakan sabun tanpa pengharum. Selalu menjaga konsumsi nutrisi yang seimbang.
Gunakan pelembap setiap hari. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilih pelembap dengan label bebas minyak (oil-free) pada kemasannya.
Sinar ultraviolet dari sinar matahari  dan merokok merupakan dua hal yang dapat memengaruhi proses penuaan pada kulit. Perokok diketahui memiliki lebih banyak keriput dibanding bukan perokok pada usia dan warna kulit yang sama..
Selalu pakai tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, termasuk saat cuaca mendung ataupun hujan.  Manfaatkan produk tabir surya dengan SPF 30 atau lebih,  yang melindungi dari UVA dan UVB. Batasi paparan sinar matahari pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Lengkapi dengan pakaian lengan panjang, celana panjang, topi, atau pelindung lainnya
Penting untuk menjaga kondisi kesehatan kulit. Jika mengalami keluhan, segera konsultasikan kondisi tersebut pada dokter kulit yang ada di sekitar Anda.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment