Tanbo Art, Seni Melukis Sawah di Jepang yang Luar Biasa


Jepang memang nggak ada habisnya dalam berkreasi. Baik dari sisi teknologi maupun urusan budaya, Jepang bisa dibilang salah satu yang paling keren memadukan keduanya. Kali ini kita akan dibuat kagum oleh seni mural sawah atau yang disebut Tanbo Art dari negeri sakura!


Jika daerah persawahan biasanya didominasi warna hijau yang gitu-gitu aja. Di Jepang sana sawah bisa disulap jadi galeri seni yang nggak kalah cakep dengan lukisan-lukisan di pameran.

Jepang memang pusat segala inovasi dan penemuan aneh-aneh ya. Namun hal yang lebih penting untuk dipahami di sini adalah bagaimana tiap inovasi itu sebenarnya justru berasal dari penghargaan terhadap tradisi.
Termasuk kesenian mural sawah ini.

 Sebagai daerah yang terkenal sebagai penghasil padi selama 2000 tahun, warga Inakadate berupaya meremajakan dan mengenalkan kembali daerahnya lewat atraksi ini. Ketika negara-negara agraris makin kehilangan identitasnya di tengah gempuran modernisasi, upaya seperti ini tentu saja patut diapreasiasi dan diteladani.
Jangankan kaderisasi petani, banyak anak muda di negara yang menyebut dirinya ‘agraris’ seperti Indonesia, sama sekali belum pernah melihat atau berkunjung ke sawah.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment