Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping Department

A.Tugas dan Tanggung Jawab.
  Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang bearti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
  Housekeeping departemen, bagi sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil dan professional.

   Fungsi hoekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu  makahousekeeping harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
HOUSEKEEPING DEPARTEMENT
Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area :
  1.    Ruang tamu (guest room)
  2.    Gang ( corridor)
  3.    Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
  4.    Ruang kantor ( office )
  5.    Locker karyawan ( employee Locker)
  6.    Toilet karyawan ( Toilet locker )
  7.    Toilet tamu ( guest toilet )
  8.    Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
  9.    Kolam renang ( swimmingpool), dan
  10. Halaman parkir ( parking area ) 
Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :
   1.    Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2 Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
    3.    Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
   4.  Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.

B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah :
1.   Bersih
Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.   Menarik
Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.   Nyaman
Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
4.   Aman
Faktor penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
Untuk menjangkau seluruh area tersebut, housekeepingdepartment dibagi menjadi beberapa seksi :
  1.    Seksi kamar ( Room section / Floor section)
  Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, penganturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada areacorridor setiap lantai.
  Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
  a.    Floor housekeeper atau floor section manager
  b.    Floor supervisor
  c.    Room attendant
  2.    Seksi area umum ( Public area section / Houseman section)
  Seksi ini bertanngungjawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area  dan fasilitas umum yang ada di hotel. Fasilitas itu antara lain :
  a.   Lobby area
  b.   Public toilet
  c.   Restaurant
  d.  Bar
  e.  F&B outlet

  f.    Meeting / conference room
  g.  Ballroom
  h.  Bussiness center
  i.    Fitness & Health center
  j.   Swimming pool
  k.  Parking area
l l.    Outdoor and in door garden
  m.  Guest lift
  n.    Back office
  o.    Locker room
  p.    Employee corridor
  q.    Canteen
  Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :
    1.      Public area housekeeper atau public area manager
    2.      Public area supervisor atau houseman supervisor
    3.      Public area attendant atau houseman
    4.      Toilet anttendat
    5.      Night cleaner
    6.      Gardener
     7.      florist
  3.    Seksi binatu (Laundry section)
Seksi ini bertangungjawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk guest laundry, maupun house laundry dan uniform. Guest laundryadalah pakaian tamu, sedangkan house laundry adalah linen yang digunakan oleh housekeeping mau pun department lain seperti banquet service, fb
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment