Tips Wisata ke Karawang

Karawang adalah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Karawang memiliki penduduk yang cukup padat, yakni sebanyak 1.223 jiwa per km2 (sensus tahun 2010). Mayoritas penduduk Karawang adalah suku Sunda dan berbicara bahasa Sunda dalam kesehariannya.
Sebagian besar wilayah Karawang berada di dataran rendah dan memiliki temperatur suhu 27 derajat Celcius. Selain itu, wilayah Karawang banyak dilalui sungai. Salah satunya adalah sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat, Sungai Citarum.
Dahulu, Karawang dikenal sebagai kawasan lumbung padi dan memiliki lahan pertanian yang luas. Kini dengan berkembangnya Karawang menjadi kawasan industri, tidak banyak lagi ditemukan lahan pertanian di daerah ini. Walau Karawang berangsur menjadi kawasan industri, masih banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Tanjung Pakis.

 

Sejarah Karawang

Keberadaan Karawang telah ada sejak zaman Kerajaan Pakuan Pajajaran pada abad ke-15. Pada masa itu, Karawang menjadi jalur lalu lintas penting yang menghubungkan Kerajaan Pakuan Pajajaran dengan Galuh Pakuan yang berpusat di daerah Ciamis.
Selanjutnya, saat kerajaan Pajajaran runtuh, wilayah Karawang dikuasai oleh kerajaan Mataram yang berkuasa pada abad ke-17. Pada masa kekuasaan kerajaan Mataram, wilayah Karawang menjadi basis prajurit Mataram. Hal ini dilakukan untuk mengusir tentara Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang berusaha menguasai Batavia (sekarang Jakarta).
Pada masa menjelang kemerdekaan bangsa Indonesia, wilayah Karawang menjadi saksi dari dibuatnya naskah proklamasi kemerdekaan di daerah Rengasdengklok. Karena begitu banyaknya nilai historis perjuangan di Karawang, maka Karawang sering disebut sebagai kota pangkal perjuangan.

Cara ke Karawang

Melalui udara

Perjalanan ke Karawang menggunakan pesawat terbang memiliki destinasi Bandara Soekarno Hatta (CGK) di Tangerang atau Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) di Jakarta Timur. Dari sini Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui darat ke Karawang.
Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax
  • Penerbangan domestik: Rp 40.000
  • Penerbangan internasional: Rp 150.000
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi dari dan ke Bandara Soekarno Hatta
Bus DAMRI
Di kawasan bandara terdapat bus DAMRI yang menuju langsung ke Karawang. Perjalanan dari bandara menuju Karawang ditempuh dalam waktu 2 jam.
Tarif bus DAMRI Rp 55.000 per orang.
Transportasi dari dan ke Bandara Halim Perdana Kusuma

Bus DAMRI
Di kawasan bandara tersedia bus DAMRI yang bisa mengantarkan Anda ke area terdekat dengan Karawang yakni Bekasi. Tarif bus DAMRI dari bandara ke Bekasi adalah Rp 25.000.
Dari Bekasi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Primajasa dengan tarif mulai Rp 25.000.
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui darat

Kereta
Perjalanan dari Jakarta menuju Karawang bisa menggunakan kereta api kelas ekonomi AC Patas Purwakarta. Kereta ini merupakan kereta api lokal jarak menengah yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia (KAI). Rute kereta ini bermula dari Stasiun Jakarta Kota, singgah di Stasiun Karawang dan berakhir di Stasiun Purwakarta.
Jadwal keberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota pukul 09:45 dan 13:20.
Jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwakarta pukul 13:15 dan 16:15.
Tarif kereta api sebesar Rp 3.000.

Bus
Pusat Karawang mudah dicapai dengan menggunakan bus dari Jakarta. Anda dapat mencapai Karawang dengan menggunakan Bus Agramas yang berangkat dari Kampung Rambutan atau Tanjung Priok.
Tarif Bus Agramas mulai dari Rp 10.000.
Jika Anda berangkat dari Bandung, Anda dapat menggunakan Bus Primajasa tujuan Karawang dari Terminal Leuwipanjang.
Tarif Bus Primajasa sebesar Rp 25.000 (non-AC) dan Rp 42.000 (AC).
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Karawang

Angkutan kota (angkot)
Berikut ini adalah rute angkot yang ada di Karawang:
  • Angkot biru: Jurusan Johar - Badami
  • Angkot biru: Jurusan Tuparev - Terminal Klari

Tarif angkutan kota di Karawang mulai dari Rp 3.000.

Ojek sepeda motor
Tarif ojek bervariasi tergantung jarak tempuh dan kesepakatan dengan sopir ojek.

Sewa mobil
Di Karawang terdapat jasa sewa mobil harian yang bisa Anda gunakan. Tarif sewa mulai Rp 350.000 per hari.
(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek Wisata di Karawang

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di Karawang:

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis merupakan ikon wisata Karawang. Di rumah makan sepanjang pantai, Anda dapat menikmati panorama pantai sambil menyantap hidangan laut segar.
Pantai Tanjung Pakis berada di bagian utara Kabupaten Karawang, tepatnya sekitar 70 km dari pusat Karawang. Lokasinya yang dekat dengan beberapa kota besar di Pulau Jawa membuat pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan.

Harga tiket masuk: Rp 7.000 per orang.

Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru merupakan salah satu pantai wisata andalan Kabupaten Karawang.  Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang. Di sekitar pantai, terdapat warung tradisional yang menyajikan aneka menu seafood.
Lokasi pantai ini terletak di Kecamatan Pedes sekitar 30 km dari pusat Karawang.

Harga tiket masuk: Rp 5.000 per orang.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda dapat mengunjungi Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Rengasdengklok merupakan tempat dibuatnya teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Dulunya, monumen ini merupakan lokasi Markas Tentara Pembela Tanah Air (Peta). Lokasi monumen ini terletak tidak jauh dari rumah tempat penculikan Soekarno-Hatta menjelang Proklamasi Kemerdekaan yakni di Bojong Tugu, Rengasdengklok, Karawang. Anda dapat mencapai lokasi ini dalam waktu 45 menit berkendara dari pusat Karawang.

Harga tiket masuk: Gratis.

 

Monumen Rawagede

Monumen Rawagede adalah monumen peringatan perjuangan rakyat Karawang dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya memperingati tragedi tragis yang pernah terjadi di Karawang.
Peristiwa tragis Rawagede terjadi pada tanggal 9 Desember 1947. Saat itu, militer Belanda melakukan pembantaian penduduk Karawang dalam rangka mencari pejuang Indonesia.
Lokasi monumen berada di Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta. Anda dapat menuju ke sini dengan waktu tempuh 20 menit berkendara dari pusat Karawang.
Harga tiket masuk: Gratis.

 

Curug Bandung

Curug Bandung adalah gabungan tujuh air terjun dalam satu aliran sungai. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan asri dikelilingi pepohonan dan disertai dengan suara deru air terjun.
Lokasi Curug Bandung terletak di bawah kaki Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru. Curug dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara dari Karawang.  
Harga tiket masuk: Gratis.

 

Kawasan Situs Batujaya

Kawasan Situs Batujaya merupakan situs peninggalan Kerajaan Tarumanegara dari abad ke-4 Masehi. Di sini terdapat beberapa situs candi, di antaranya adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Kawasan ini cukup luas dengan luas mencapai 5 km2.
Situs Batujaya terletak di Kecamatan Batujaya. Anda dapat mencapai lokasi ini dengan waktu tempuh sekitar 2 jam berkendara dari pusat kota Karawang.

Harga tiket masuk: Gratis.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips Wisata di Karawang

  • Sempatkan mencicipi soto gempol, salah satu hidangan kuliner yang sangat terkenal di Karawang. Sekilas, soto gempol mirip dengan soto Betawi namun lebih kekuningan. Anda dapat mencoba kuliner ini di Jl. Rangga Gede no. 33.
  • Selain soto gempol, Anda wajib mencoba serabi yang dinamai sorabi hijau. Serabi ini berbeda dengan serabi yang lain karena berwarna hijau. Selain itu, aroma wangi daun pandan juga menambah kelezatan serabi ini. Sorabi hijau bisa ditemui di daerah Rengasdengklok.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment