Tips Bepergian ke Pekan Baru

Pekanbaru merupakan ibu kota provinsi Riau yang banyak mengekspor hasil perkebunan, khususnya kelapa sawit dan olahannya. Terdapat lebih dari 170 perkebunan kelapa sawit dan dua pabrik kertas besar yang mengekspor produknya ke luar negeri. Di tingkat nasional, pertumbuhan ekonomi Pekanbaru masuk dalam lima besar pada tahun 2013.

Kota Pekanbaru dialiri oleh sungai Siak dari barat ke timur. Sungai ini dahulu menjadi jalur transportasi dan perdagangan bagi warga pedalaman yang ingin ke kota dan sebaliknya. Warga pedalaman biasa menggunakan perahu kayu atau perahu motor untuk mengangkut hasil kebunnya dan kemudian dijual di kota.


Budaya Melayu yang terlihat jelas di Pekanbaru adalah cara berpakaian warga. Sehari-harinya, warga Pekanbaru sering didapati mengenakan baju kurung khas Melayu, baju besar sepanjang lutut atau lebih. Sekolah-sekolah juga menggunakan baju kurung sebagai seragamnya.

Sejarah

Sejak dahulu, sungai Siak telah menjadi bagian penting bagi warga sekitarnya. Sungai Siak dijadikan jalur transportasi air untuk membawa barang dagangan ke kota. Di tepian sungai Siak kemudian muncul pasar atau ‘pekan’ yang ramai dengan kegiatan jual-beli. Pasar atau ‘pekan’ ini selanjutnya disebut ‘Pekanbaru’ atau pasar baru dan berkembang menjadi perkampungan.

Perkampungan Pekanbaru terus berkembang secara ekonomi dan wilayahnya pun terus meluas. Kemudian pada tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru resmi menjadi ibukota provinsi Riau.

Cara ke Pekanbaru

Melalui udara

Perjalanan ke Pekanbaru melalui udara dengan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU).

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax:

  • Penerbangan domestik: Rp 45.000
  • Penerbangan internasional: Rp 150.000

(efektif per 19 Mei 2014)

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi dari dan ke bandara

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU) berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Berikut pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk ke pusat kota:
 
Trans Metro Pekanbaru
Anda bisa menggunakan Trans Metro Pekanbaru koridor 1 dari bandara ke pusat kota.
Tarif Trans Metro Pekanbaru Rp 3.500.

Taksi
Taksi bandara di Pekanbaru kebanyakan tidak menggunakan argo meter. Untuk ke pusat kota tarif yang dikenakan Rp 50.000 – Rp 80.000. Jika Anda ingin menggunakan taksi argo meter misalnya Blue Bird, Anda harus ke luar area bandara terlebih dahulu.

Angkutan kota (angkot)
Anda juga bisa menggunakan angkot untuk ke pusat kota Pekanbaru. Anda harus berjalan ke luar area bandara terlebih dahulu sejauh kira-kira 1 km. Tarif yang dikenakan untuk ke pusat kota adalah Rp 3.000.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui laut

Perjalanan melalui laut ke Pekanbaru hanya bisa dilakukan dari pulau-pulau yang masuk dalam wilayah Kepulauan Riau saja seperti dari Batam. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 100.000.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui darat

Perjalanan darat ke Pekanbaru bisa dilakukan dari kota-kota di Sumatera dan dari kota di pulau Jawa seperti Jakarta dan Bandung dengan menggunakan bus.
Tarif bus dari kota lain di Sumatera mulai dari Rp 100.000.
Tarif bus dari Jakarta dan Bandung  mulai dari Rp 360.000.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Transportasi di Pekanbaru

Berikut beberapa pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling kota Pekanbaru:

 

Trans Metro Pekanbaru

Terdapat lima koridor dengan rute yang berbeda-beda.
Tarif Trans Metro Pekanbaru Rp 3.500 per orang.
Jam operasional Trans Metro Pekanbaru 06.00 - 22.00.

Bus kota

Tarif bus kota di Pekanbaru Rp 3.000 per orang sekali jalan.

Angkutan kota

Angkutan kota di Pekanbaru ini disebut oplet oleh warga setempat. Tarif yang dikenakan tergantung jauhnya lokasi tujuan Anda, umumnya mulai dari Rp 2.500 per orang.

Taksi

Ada beberapa perusahaan taksi yang beroperasi di Pekanbaru, namun hanya sedikit yang menggunakan argo meter. Contoh taksi yang menggunakan argo meter adalah Blue Bird dan Riau Taxi. Untuk Blue Bird, tarif yang dikenakan adalah minimum Rp 25.000. Jika argo belum mencapai angka tersebut, Anda tetap diharuskan membayar Rp 25.000. Sedangkan untuk Riau Taxi, tarif minimum yang dikenakan adalah Rp 20.000.

Ojek sepeda motor

Tarif yang dikenakan tergantung lokasi tujuan dan kesepakatan Anda dengan tukang ojek.

(harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Objek wisata di Pekanbaru

Berikut objek wisata yang dapat Anda kunjungi saat di Pekanbaru:

 

Danau Bandar Khayangan Lembah Sari

Wisata alam di Pekanbaru ini menawarkan pemandangan danau dan bukit-bukit kecil yang dipenuhi pepohonan hijau. Jika ingin berkeliling danau,  Anda bisa menyewa sepeda air atau menggunakan kapal kecil dan perahu yang bisa Anda naiki dari dermaga kecil di sana. Danau ini juga digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan PON ke XVIII untuk cabang olahraga ski air. Danau Bandar Khayangan Lembah Sari ini berada di desa Limbungan, kecamatan Rumbai pesisir, Pekanbaru.

Masjid An-Nur Pekanbaru

Masjid ini menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid An-Nur memiliki kemiripan dengan bangunan Taj Mahal di India, terutama saat cahaya lampu memantul di kolam masjid saat malam hari. Keduanya memiliki kolam besar di depannya dengan kubah besar dan menara yang tinggi. Masjid An-Nur terletak di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Hang Tuah.

Museum Sang Nila Utama

Museum ini menjadi tempat koleksi benda-benda khas budaya Melayu di Pekanbaru seperti ukiran dan lukisan. Selain itu, yang menarik adalah koleksi benda-benda pertambangan. Di museum ini Anda bisa melihat peralatan yang digunakan dalam pertambangan seperti mata bor, replika pompa ayun dan minyak mentah. Museum ini mudah diakses karena terletak di Jalan Sudirman yang merupakan jalan utama dari Bandara ke pusat kota.
Jam buka:
  • Selasa – Kamis, 08.00 – 15.00
  • Jumat, 08.00 – 11.00 dan 14.00 – 16.00
  • Sabtu – Minggu, 08.00 – 13.00
  • Senin dan hari besar tutup

Tips wisata di Pekanbaru

  • Tanyakan terlebih dahulu tarif taksi bandara karena sopir taksi seringkali mengenakan tarif di atas tarif yang telah ditentukan. Sebagai informasi, tarif taksi bandara ke pusat kota Pekanbaru yang telah ditentukan berkisar antara Rp 50.000 - Rp 80.000.
  • Sama seperti di Surabaya, di Pekanbaru pun warna angkot mirip padahal rutenya berbeda. Pastikan Anda bertanya dahulu pada sopirnya karena ada beberapa angkot yang tak memasang nomor di kaca depan.
  • Jika ingin menggunakan taksi Blue Bird, sebaiknya Anda memesan dahulu melalui telepon karena taksi ini jarang ditemui di jalan.
  • Jangan memotret saat berkunjung ke Museum Sang Nila karena ada larangan mengambil gambar selama di sana.
  • Bagi Anda penggemar kuliner, kunjungi Rumah Makan Pondok Gurih di Jalan Sudirman untuk menikmati makanan khas Pekanbaru. Anda bisa mencicipi aneka olahan ikan patin dan ikan baung yang merupakan ikan populer di Pekanbaru.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment