Tips Melamar Kerja di Hotel

Kali ini saya akan memberika beberapa cara / Tahapan bagaimana untuk memulai pekerjaan.
dari mulai awal sampai diterimanya bekerja di sebuah Hotel.

Ini merupakan pengalaman dan anggap saja sebagai Sharing. karna saya tahu, setiap orang tentu ingin memiliki pekerjaan sesuai dengan keterampilan nya. terutama yang merupakan lulusan dari bidang  Pariwisata Perhotelan.

Yang sekarang akan saya share adalah tahapan pertama sebelum anda membuat dan mengirim surat lamaran Kerja. "

ada beberapa bagian dimana seseorang harus melakukan ini sebelum membuat surat lamaran kerja. 

ini adalah tahapan yang harus dimiliki dan di ketahui sebelum benar - benar terjun di bidang Akomodasi Pariwisata.


INTERVIEW

1. Untuk menjadi seorang pekerja hotel, tentunya anda di tungtut untuk memiliki Grooming ( Penampilan ) serta etika yang baik dan sesuai dengan pekerjaan yang anda inginkan. biasanya untuk kriteria ini , hotel tidak terlalu memperhatikan apakah Kulit Hitam / pun Putih. tidak harus Tampan maupun Cantik.

Karena setiap perusahaan memilih lebih ke - Etika serta cara berpenampilan dan Komunikasi yang jelas serta baik,  di tunjang dengan Postur Tubuh Proporsional, Memiliki Umur Cukup dan Pendidikan yang memenuhi syarat untuk menjadi pekerja di hotel tersebut.
Maka apabila anda sudah di rasa memiliki beberapa kriteria di atas. berarti anda sudah siap membaca artikel selanjutnya dan bersemangat untuk melamar bekerja di hotel.

2. Anda harus memiliki keterampilan di bidang nya. lihat kembali kualifikasi anda terutama adalah nilai - nilai yang anda raih selama belajar di sekolah atau di perguruan tinggi.
sebenarnya Nilai bukan lah Prioritas dari sebuah Penilaian seorang HRD. tapi Ini penting kenapa ??
karena Nilai yang anda dapat merupakan pencapaian atau pencerminan karakter anda yang akan di ketahui secara langsung oleh orang yang meng interview anda.
jadi apabila memang kaulifikasi anda dirasa sudah mampu atau cukup menghantarkan anda pada image yang baik. maka mulai percaya diri lah sekarang, dan dilanjutkan untuk memilih bagian Departement mana yang akan anda lamar.
 
 
3. Dalam memilih Departement yang akan anda lamar, tentunya disana anda akan di bawa kembali untuk berfikir dan memperhatikan Keterampilan yang dimiliki. karena di sebuah Hotel Memiliki beberapa Departement yang masing - masing pekerjaannya berbeda sesuai dengan SOP ( Standard Operasional Procedure ) perusahaan. dalam tahap ini, anda wajib untuk mempelajari lebih dalam tentang jabatan yang akan anda lamar nanti. dari mulai SOP secara pendidikan yang anda dapat, lalu materi tentang Akomodasi Perhotelan secara umum. Untuk seorang yang lulusan AP tentu sudah mengetahui materi Pokok standard nya.
 
 
4. anda sekarang sudah sampai di Tahap 4. tentunya dua Point di atas harus sudah di ketahui agar di tulisan ini anda tinggal mengikuti dan membayangkan apa yang harus anda lakukan nanti.
Nilai sudah cukup membuat image anda baik, dan Keterampilan sudah bisa dipilih mana yang sesuai dengan kemampuan terbaik anda.
Sekarang tinggal memilih dulu Hotel mana yang akan anda kirimkan Surat Lamaran.
disini tentu hal yang sangat Prioritas, karena anda di wajibkan untuk memilih tempat dimana nanti anda akan berkarir.
hal yang harus anda ketahui saat milih hotel adalah :
 
- Data Alamat Lengkap Hotel
- No tlp / dan Fax serta E-Mail jangan lupa di catat
- Apabila anda bisa, lebih bagus untuk mencari informasi Nama HRD yang Aktif masih menjabat di perusaah / hotel yang anda tuju.
- Ketahui apakah hotel yang anda minati adalah Single Hotel / Hotel Chance Group. di mana pilihan ini sangat penting karena akan berhubungan dengan karir anda nanti.
- Level apakah hotel yang anda minati, bisa desusaikan dengan skill yang anda miliki. karena semakin tinggi BINTANG suatu hotel, maka kriteria karyawan yang di butuhkan pun semakin banyak juga penilaian nya. karena setiap hotel memiliki kriteria yang berbeda terhadap penerimaan karyawan.
- Daerah apakah hotel itu berada. ini sangat mempengaruhi jenis atau sasaran para tamu nya. apakah sasaran hotel tersebut untuk tamu Liburan, Bisnis, atau Realigy, bahkan untuk kriteria Family.
 
yang tentu nya pilihan kalian berada di tangan kalian sendiri. setiap daerah dan tempat memliki jenis hotel yang berbeda. apabila anda ingin hotel terdekat dengan tempat tinggal, maka bersiaplah untuk melamar dan yakin bahwa anda telah memenuhi kriteria yang di butuhkan oleh perusahaan.
 
atau hotel yang anda minati berada jauh  di luar kota anda. maka bersedialah anda untuk berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkan panggilan dan kabar gembira atas surat lamaran yang anda buat dan diserahkan.
 
sekarang 4 hal penting di atas sudah di ketahui dan dimengerti.
tinggal bagaimana saja atau apasaja yang bisa anda lakukan untuk mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan.
 
Di kesempatan berikutnya, saya akan mengulas bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta mudah di mengerti oleh HRD.
Serta cara lain supaya lebih mudah melamar pekerjaan.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment