5 Tempat Wisata Alam di Jogja Yang Wajib Masuk Agenda Liburanmu


Sebagai kota yang sudah terkenal memiliki destinasi wisata paling asik. Ternyata Jogja tidak hanya terkenal memiliki destinasi wisata sejarah dan budayanya saja, melainkan juga memiliki destinasi wisata alam yang juga tak kalah unik.


Daerah Istimewa ini memiliki banyak destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi, karena memiliki pesona yang lebih menarik dari wisata non alamnya. Seperti yang berada di Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul. Berikut destinasi wisata alam Jogja yang bagaikan surga dunia :

1. Gondala Tradisional di Pantai Timang
Tempat wisata alam Jogja yang memiliki kesan surga dunia, adalah Pantai Timang. Pantai Timang memiliki ciri-ciri yang sama dengan pantai selatan, yaitu berombak besar, memiliki tebing yang curam, dan memiliki karang. Tetapi ada satu yang istimewa dari pantai ini, terdapat sebuah gondala tradisional. Gondala ini terbuah dari tali dan pancang kayu, alat ini biasanya digunakan para nelayan untuk mencari lobster di Pulau Karang. Bagi kamu yang tertantang nyalinya, bisa menaiki gondala tradisional ini. Dijamin aman, karena setiap hari keamanannya sudah di cek. Nah jika kamu tertarik ingin mencoba gondala, atau sekedar menikmati suasana pantai yang indah, kamu bisa bersinggah ke Kabupaten Gunung Kidul.

2. Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal merupakan pantai indah yang berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini masih jarang diketahui oleh banyak wisatawan, meskipun perlahan sekarang sudah mulai banyak yang mengunjunginya. Salah satu keindahan yang dimilikinya, adalah pasirnya yang putih. Pantai ini juga memiliki ikonik yang menjadi asal penamaan pantai, yaitu terdapatnya pohon duras yang hanya memiliki satu pangkal pohon saja, atau satu pok saja. Nah buat kalian yang ingin menikmati Pantai Pok Tunggal ini, bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Dijamin kepuasan kamu akan terpecahkan.

3. Goa Pindul
Wisata alam Jogja yang memiliki kesan surga dunia selanjutnya, adalah Goa Pindul. Merupakan goa yang terbuat dari proses batuan karst dalam jutaan waktu hingga membentuk goa, dan sungai bawah tanahnya yang eksotis. Letaknya masih berada dalam kawasan Kabupaten Gunung Kidul. Beriwisata kesini, kamu bisa menyusuri goa, atau menikmati eksotisnya sungai bawah tanah berombongan dengan memakai ban sebagai body rafting. Goa ini sealu dipadati wisatawan yang sedang berlibur ke Yogyakarta. So jika kamu ingin berwisata kesini, sebaiknya jangan datang terlalu siang karena bisa ngantri. Goa Pindul wajib kamu masukkan kedalam agenda liburan kamu di Yogyakarta selain memiliki keindahan, wisata ini juga sedang naik daun.

4. Bukit Bintang
Bukit Bintang merupakan salah satu wisata alam Jogja yang memberikan nuansa romantis buat kamu dan pasangan. Bukit ini berada di Jalan Jogja-Wonosari. Ketika anda memasuki wilayah yang menanjak dan berbelok-belok, kamu akan disuguhi banyak warung-warung yang menjajakan makanan lezat, dan dengan pemandangan malam Kota Yogyakarta yang sangat apik. Dari atas bukit, anda akan disuguhi pemandangan langit yang dipenuhi bintang-bintang. Selain itu pemandangan dari bawah berupa titik cahaya lampu warna-warni dari pemukiman penduduk. Kamu bisa menikmati pemandangan malam Yogyakarta, dengan memakan jagung bakar, sungguh romantis sekali kan ?

5. Goa Jomblang
Wisata alam Jogja berikutnya adalah sebuah goa yang masih terletak di bagian selatan Yogyakarta dan masih tersembunyi, yaitu Goa Jomblang. Goa vertikal ini berada diantara karst Gunung Kidul, dan cocok jika kamu kunjungi ketika matahari berada diatas kepala, yaitu pukul 10-12 siang. Cahaya matahari akan masuk kedalam goa, melalui celah goa tempat kamu masuk. Berasa seperti cahaya surga. Selain itu vegetasi khas dalam goa yang berusia purba, semakin membuat perjalanan kamu berkesan.

Nah itulah 5 tempat wisata alam Jogja yang wajib kamu jadikan list agenda liburan di Yogyakarta. Selamat berlibur, semoga liburannya berkesan dan menyenangkan...
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment