Cara Cepat Memutihkan Kulit Dengan Suplemen

Banyak cara membuat kulit menjadi putih. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen pemutih kulit.
Saat ini suplemen pemutih kulit banyak beredar di pasaran, baik produk lokal maupun internasional. Suplemen kerap dipilih oleh mereka yang ingin memutihkan kulit secara merata, tidak hanya di bagian wajah. Namun, sebelum memutuskan memakai metode ini, pahami dulu zat apa yang akan masuk ke tubuh Anda.
cara cepat memutihkan kulit dengan suplemen - alodokter
Zat utama yang kerap ada di suplemen pemutih kulit adalah glutathione.  Di siniglutathione bertindak sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan oksidatif pada kulit. Selain itu, glutathione dalam dosis besar juga bisa memutihkan kulit. Cara kerjanya adalah menghambat produksi melanin (pigmen penentu warna kulit).
Sebenarnya glutathione diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Namun pasokannya menurun seiring pertambahan usia. Kadar glutathione di dalam tubuh bisa dimaksimalisasikan dengan cara menjaga keseimbangan asupan nutrisi.

Apakah Glutathione Aman?

Jika melihat fungsinya, glutathione memiliki peranan penting dalam tubuh seperti memerangi radikal bebas dan membantu detoksifikasi. Glutathione juga dapat ditemukan pada tiap sel tubuh. Selain memutihkan kulit, glutathione juga berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh.
Namun penggunaannya pada suplemen pemutih kulit masih diperdebatkan. Ada ahli kulit yang mengatakan glutathione dapat membantu memutihkan kulit, namun efek jangka panjang dan keamanan obat ini belum sepenuhnya dimengerti. Glutathionesendiri belum disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Amerika Serikat. Selain itu, penggunaan glutathionedalam dosis tinggi dapat mengganggu fungsi ginjal.
Sementara ahli kulit lain mengatakan glutathione hanya antioksidan yang mampu membantu perbaikan kulit. Glutathione tidak memiliki kemampuan untuk memutihkan kulit.
Di Indonesia sendiri, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) telah mengizinkan peredaran suplemen pemutih kulit yang mengandungglutathione.

Bahan Lain yang Terdapat di Suplemen Pemutih

Selain glutathione, bahan lain yang kerap ada di suplemen pemutih adalah kolagen, termasuk juga collactive TM ( senyawa kolagen). Kolagen merupakan protein yang ada dalam tubuh manusia. Jumlahnya pun berlimpah. Kolagen sangat diperlukan dalam pemulihan sel-sel kulit  mati. Dokter kulit juga kerap menggunakan kolagen untuk menghilangkan kerutan dan mengembalikan kekenyalan kulit.
Vitamin C dalam bentuk ascorbic acid juga kerap ditambahkan di suplemen pemutih kulit. Vitamin C dikenal efektif untuk memutihkan kulit. Namun, manfaat dan efeknya pada kulit masih perlu diuji lebih jauh lagi.
Suplemen pemutih yang mengandung bahan-bahan tersebut tergolong aman dan sudah terdaftar di BPOM RI.
Tidak ada salahnya untuk berpikir masak-masak dan mempertimbangkan berbagai pendapat sebelum mengonsumsi suplemen pemutih kulit. Konsultasikan juga kepada dokter kulit agar sesuai dengan riwayat kesehatan Anda serta obat lain yang mungkin Anda konsumsi.
sumber:http://www.alodokter.com
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment