Berikut ini saya share biaya untuk bekerja di kapal pesiar, info ini saya dapat dari curhatnya pelaut yaitu Catatan Moch Ichsan Sofyan, mari kita simak bersama:
Seperti yang sudah aku katakan di artikel sebelumnya bahwa proses untuk bekerja di kapal pesiar itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka kali ini aku ingin menjelaskan step-step yang harus dilalui yang menyebabkan hal itu terjadi.
Kamupun akan menemukan harga pada setiap langkah, maka itu adalah biaya kisaran yang harus dikeluarkan. Nilai nominal setiap agency akan berbeda-beda. Maka ada kemungkinan besar nominal tidak akan sama persis.
Baca Juga: Daftar Alamat Agen Resmi Kapal Pesiar
1. Interview Agency (Rp. 200.000 – Rp. 500.000)
Hal yang pasti harus dilakukan pertama adalah lulus dari interview agency. Interview sendiri dilakukan dalam bahasa Inggris. Pada intinya interview akan terbagi menjadi 3 katagori.
- English (Kemampuan bahasa Inggris yang baik)
- Skill (Pemahaman akan pekerjaan yang kita lamar)
- Marlin Test (Maritime English Test,
Dari ketiga interview tersebut kita harus dinyatakan lolos oleh setiap interviewer, kecuali Marlin Test. Marlin Test berbeda karena menggunakan sistem komputerisasi. Kita harus mengisi soal-soal bahasa Inggris yang terdiri dari beberapa bagian dan harus mendapatkan jumlah score yang telah ditentukan, bila tidak sampai pada score tersebut, maka dinyatakan gagal. Harus mengulang. Insha Allah untuk Marlin Test aku akan membuat artikel tersendiri. Oleh karena itu doakanlah agar aku tetap sehat, banyak uang dan didekatkan jodohku. *ehh
2. Medical Check Up (Rp. 1.500.000)
Bila kita dinyatakan lolos pada interview agency, maka langkah selanjutnya adalah medical check up. Untuk medical check up sendiri biasanya setiap agency memiliki tempat yang telah bekerja sama dalam melakukan medical check up. Perlu diketahui, medical check up yang akan dilakukan adalah full medical check up, jadi Insha Allah semua hal yang berhubungan dengan segala penyakit akan terditeksi. Persiapkanlah kesehatan dengan baik.
“Health is the greatest gift, contentment the greatest wealth, faithfulness the best relationship.” – Buddha
3. Melengkapi Dokumen
- Passport ( Rp. 350.000 – Rp. 650.000)
- BST / Basic Safety Training (Rp. 1.500.000 – Rp. 1.700.000)
- Seaman Book/ Buku Pelaut (Rp. 200.000 – Rp. 350.000)
- SID/ Seafarers Identity Card (Rp. 350.000)
- KTKLN/ Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (Harusnya gratis)
- Endors Passport (Rp. 225.000 – Rp. 300.000/ bagi passport yang belum diendors)
- Visa (Rp. 1.500.000 – Rp. 2.500.000/ tergantung negara mana yang akan dituju dan tergantung agency. Untuk SBI jika tidak salah Visa itu gratis)
Untuk dokumen sendiri ada yang diurus oleh agency dan ada juga yang diurus oleh kita. Bila memungkinkan mengurus sendiri akan lebih murah. Tetapi bila tidak ingin ribet, maka lebih baik diurus oleh agency.
4. Training (Rp. 5.000.000)
Untuk beberapa agency seperti Meranty Magsaysay dan SBI (Sumber Bakat Insani) diwajibkan untuk mengikuti training. Tetapi sebagian besar agency tidak mewajibkan training, jadi silahkan saja memilih agency yang mana yang kamu mau.
5. Menunggu Schedule Pemberangkatan
Bila semua dokumen sudah lengkap, maka kamu hanya akan menunggu jadwal keberangkatan. Biasanya pihak agency akan memberitahukan nama kapal dimana kamu akan bekerja dan dari mana kamu akan bergabung. Setelah itu silahkan bersabar menunggu keberangkatan. Dan perbanyaklah berdoa dan mencari kegiatan. Karena menuggu jadwal pemberangkatan membutuhkan waktu tidak sebentar.
6. Tiket Pesawat (Rp. 15Jt – Rp. 20Jt)
Ini juga tergantung dengan agency yang kamu pilih. Sebagian agency ada yang mengharuskan kita membayar tiket pesawat sendiri dan ada juga yang dibayarkan. Seperti SBI dan Meranty Magsaysay yang aku tahu tidak harus membayar tiket pesawat.
***
Bagaimana? Ada yang kurang jelas? Bila kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Insha Allah dengan senang hati akan menjawab bila memang bisa aku jawab. Bila tidak, maka aku pasti tidak tahu jawabannya. He he he …