Tahan Diri Dari 6 Hal Yang Membuat Perut Buncit

Apakah kamu kesulitan mengaitkan kancing celana yang semakin sempit? Jangan sampai perut buncit mengganggu penampilan loh!
Selain membuat penampilan tidak maksimal, ternyata perut buncit juga meningkatkan risiko sindrom gangguan metabolisme. Hal itu kemudian dapat memicu penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi.
Tahan Diri dari 6 Hal yang Membuat Perut Buncit - alodokter
Sebenarnya ada cara-cara sederhana untuk memperoleh perut lebih ramping, yaitu dengan menghindari beberapa hal seperti :
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak.
Biskuit, kerupuk, keripik, dan berbagai makanan siap saji termasuk ke dalam jenis makanan yang tinggi kalori dan lemak. Jenis makanan ini dapat memicu peradangan pada tubuh, sementara lemak membandel pada perut terkait erat dengan peradangan. Sementara itu, kebanyakan bukti ilmiah menyatakan bahwa sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh, akan membantu mengurangi ukuran perut Anda. Dengan begitu, berusahalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak dengan jenis makanan yang lebih menyehatkan.
  • Makan terlalu malam.
Makan pada malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian (jam biologis yang mengatur siklus tubuh manusia) dan mengubah hormon yang mengendalikan nafsu makan. Makan sebelum waktu tidur juga dapat memberatkan proses pencernaan, sekaligus memicu rasa kembung bahkan nyeri ulu hati. Hindari makan terlalu malam, apalagi saat tubuh merasa lelah, karena proses pencernaan makanan di dalam tubuh semakin melambat.
  • Makan berlebihan.
Untuk menurunkan berat badan sekaligus lingkar pinggang, perhatikan asupan kalori per hari. Memangkas 500-1.000 kalori per hari serta meningkatkan aktivitas fisik, dapat mengurangi 0,5 hingga 1 kg per minggu. Meski demikian, pengurangan kalori ini sebaiknya melalui konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak mengalami kekurangan nutrisi.
  • Stres berlarut-larut.
Tuntutan pekerjaan, masalah keluarga, atau tagihan yang menumpuk, jangan biarkan tubuh mengalami stres. Terutama untuk kamu yang ingin menjaga perut tetap ramping, penting untuk mengetahui cara mengatasi stres. Sebab saat stres, kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Lama kelamaan keadaan tingginya kadar hormon kortisol ini menyebabkan penumpukan lemak perut dan membuat sel-sel lemak menjadi lebih besar.
  • Kurang tidur.
Tak hanya rasa kantuk sebagai efek yang diperoleh saat kurang tidur. Tidur malam kurang dari 6 jam juga dapat memengaruhi lingkar pinggang. Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 70 ribu wanita menyebutkan, tidur 5 jam atau kurang setiap malam, mempertinggi risiko kenaikan berat badan 13 kg atau lebih. Disarankan untuk tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan.
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol berlebihan terkait dengan peningkatan ukuran lingkar pinggang dan peningkatan resiko terjadinya obesitas sentral (perut buncit) pada laki-laki. Selain itu, banyak jenis alkohol yang tinggi kalori, misalnya pada segelas bir terkandung sekitar 150 kalori. Minuman beralkohol tersebut sangat mudah diminum berlebihan sehingga tubuh memperoleh kelebihan kalori.
Yuk mulai dari sekarang ubah gaya hidup lebih sehat dan tingkatkan aktivitas fisik. Kemudian nikmati tampilan perut lebih ramping yang kamu idam-idamkan.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment