Tips Wisata ke Bandung

Bandung adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia dan terpadat ketiga dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 2,4 juta.
Kota ini sering disebut-sebut kotanya para shopaholic (pecinta shopping) karena jumlah lokasi shopping yang melimpah khususnya Factory Outlet (FO). Salah satunya terletak di sepanjang Jl. Riau, yang ramai dikunjungi wisatawan luar kota. Sebagai surganya FO, Bandung juga menawarkan banyak produk lokal berkualitas ekspor terutama pakaian.
Karena terletak dekat wilayah pegunungan, cuacanya relatif dingin. Terutama di kawasan utara, terdapat beberapa objek wisata alam yang masih hijau, bersih, dan bebas polusi.
Ibukota Jawa Barat ini juga menyimpan nilai-nilai sejarah kolonial. Misalnya, pengunjung dapat menyaksikan bangunan-bangunan kuno khas Belanda di kawasan Jl. Diponegoro dan Jl. Braga.
Dengan mobil, perjalanan ke Bandung membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam dari Jakarta, Bogor, dan Tangerang Selatan.

 

Wilayah-wilayah Utama Bandung

Tiap wilayah utama di Bandung memiliki daya tarik yang berbeda:

 

Bandung Barat

Kawasan ini didominasi oleh sejumlah pabrik dan pemukiman.

 

Padalarang

Padalarang adalah lokasi pabrik kertas pertama di Indonesia, yaitu PT. Kertas Padalarang.

 

Cimahi

Area seluas 48.42 km2 ini dikenal sebagai daerah pengekspor bahan tekstil.

 

Kota Baru Parahyangan

Kota ini adalah kota satelit di Bandung yang dijadikan kota pendidikan dan pusat ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Bandung Utara

Wilayah utara merupakan salah satu pusat keramaian di Bandung. Wilayah ini mencakup:

 

Lembang

Lembang adalah kebanggaan kota Bandung dalam sektor pariwisata, mulai dari wisata belanja di Floating Market sampai wisata Cowboy di De’Ranch.

 

Dago

Dikenal sebagai daerah “One Stop Holiday”, Dago menawarkan beragam aktivitas liburan seperti belanja, wisata kuliner, hingga berkunjung ke kebun binatang.

 

Ciumbuleuit

Dari Ciumbuleuit, wisatawan dapat memandang kota Bandung dari atas, tepatnya dari Punclut (Puncak Ciumbuleuit).

 

Setiabudi

Tempat-tempat populer di Setiabudi antara lain sekolah tinggi pariwisata bernama National Hotel Institute (NHI) dan Jl. Dr. Setiabudi yang memiliki banyak rumah makan surabi.

 

Bandung Timur

Daerah-daerah berikut ini merupakan daya tarik Bandung wilayah timur:

 

Cilengkrang

Di daerah Cilengkrang, pengunjung dapat mendatangi lokasi Air Terjun Cilengkrang yang masih sangat alami.

Cibiru

Di Cibiru terdapat Pasar Palasari, yaitu sentra penjualan buku-buku murah. Selain itu, Cibiru juga merupakan lokasi terletaknya universitas Islam terkenal di Bandung, yaitu UIN Sunan Gunung Jati.

Cileunyi

Cileunyi memiliki sebuah daerah yang melestarikan seni dan budaya Sunda, letaknya di Desa Wisata Cinunuk, 500 meter dari Jalan Raya Cileunyi.

Bandung Selatan

Wilayah timur Bandung memiliki beberapa daya tarik wisata alam, antara lain:

Soreang

Soreang adalah kawasan terletaknya Stadion Si Jalak Harupat, stadion markas besar Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (PERSIB).

Ciwidey

Ciwidey merupakan daerah liburan wisatawan yang ingin menghirup udara segar, seperti di Kawah Putih Ciwidey dan Perkebunan Strawberry.

Pangalengan

Mirip dengan Ciwidey, Pangalengan adalah kawasan yang masih alami. Di sini terdapat Sungai Cisangkuy yang bisa dipakai untuk rafting.

Sejarah Bandung

Menurut catatan filosofi Sunda, nama Bandung berasal dari istilah “Banda Indung”. Banda berarti seisi alam semesta, Indung berarti bumi. Bila digabungkan, Bandung berarti bumi dan isinya (air, tanah, tumbuhan, hewan, dan manusia).
Bandung merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia -- menurut jumlah penduduk -- yang memiliki banyak julukan. Salah satunya adalah Paris van Java. Julukan ini sudah ada sejak masa kolonial, ketika pasukan belanda berkunjung ke kota ini dan melihat bahwa suasananya mirip dengan kota Paris, ibukota Perancis (salah satu kota terindah di dunia).
Julukan lainnya, Bandung Lautan Api, adalah peristiwa bersejarah tahun 1946 yang menceritakan perjuangan masyarakat Bandung dalam melawan penjajah dari Belanda dan Inggris. Pada saat itu, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka dengan maksud agar kota Bandung tidak dimanfaatkan oleh penjajah sebagai markas militer.
Pada tahun 1955, Bandung juga dijadikan tempat pertama kalinya Konferensi Asia-Afrika diselenggarakan. Konferensi ini adalah perkumpulan antara negara-negara yang kala itu baru saja merdeka. Tujuannya adalah untuk membangun kerjasama ekonomi dalam melawan kolonialisme.

 

Cara ke Bandung

Melalui udara

Perjalanan melalui udara ke Bandung akan mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara (BDO). Bandara ini juga merupakan salah satu pangkalan Angkatan Udara (AU) Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax:
  • Penerbangan domestik: Rp 25.000
  • Penerbangan internasional: Rp 75.000

Transportasi dari dan ke bandara
Jarak antara Bandara Husein Sastranegara dan pusat kota Bandung sekitar 5 km. Bandara ini menyediakan beberapa fasilitas transportasi bagi pengunjung untuk menuju ke Kota Bandung dan sekitarnya, antara lain:

Taksi Primkopau
Taksi ini adalah taksi khusus Bandara Internasional Husein Sastranegara. Tarif Taksi Primkopau mulai dari Rp 45.000.

Angkutan kota (Angkot)
Tarif angkot dari Bandara Husein Sastranegara ke pusat kota Bandung mulai dari Rp 2.500. Dari lokasi bandara, pangkalan angkot hanya sejauh 10 menit jalan kaki.

Penyewaan mobil
Bandara Husein Sastranegara juga menyediakan sewa mobil mulai dari Rp 300.000 per hari, tergantung jenis mobilnya.

 

Melalui darat

Bus
Terminal utama di Bandung adalah Leuwipanjang. Anda bisa menggunakan bus ke terminal ini dari kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, bahkan dari Bali.
Tarif dari Jakarta:
  • Kampung Rambutan: mulai dari Rp 20.000 (ekonomi), Rp 40.000 (eksekutif)
  • Kalideres: Rp 50.000 (eksekutif)
  • Lebak Bulus: Rp 45.000 (patas AC)
  • Tanjung Priok: Rp 45.000 (patas AC)

Kereta api
Stasiun kereta api utama di Bandung bernama Stasiun Hall. Perjalanan dari Jakarta (stasiun Gambir/Senen) menuju stasiun ini membutuhkan waktu tiga jam. Selain Stasiun Hall, Bandung juga memiliki Stasiun Kiaracondong.
Tarif dari Jakarta:
  • KA Argo Parahyangan (Gambir - Stasiun Hall): mulai dari Rp 70.000 (eksekutif), Rp 35.000 (bisnis)
  • KA Serayu (Jakarta Kota - Kiaracondong): mulai dari Rp 20.000 (ekonomi)

Mobil
Mobil dari Jakarta dapat melalui beberapa jalur berikut:
  • Jalur 1: Tol Cikampek – Tol Cipularang – Tol Padaleunyi – Bandung
  • Jalur 2: Tol Jagorawi – Puncak – Cianjur – Tol Padaleunyi – Bandung
  • Jalur 3: Tol Jagorawi – Cibubur – Jonggol – Ciranjang – Tol Padaleunyi – Bandung

Sepeda motor
Ada tiga rute ke Bandung jika hendak menggunakan motor:
  • Rute 1: Via Cikampek
  • Rute 2: Via Puncak
  • Rute 3: Via Jonggol
Untuk mobil dan motor, perjalanan menempuh waktu sekitar tiga sampai empat jam, tergantung kondisi lalu lintas.

 

Transportasi di Bandung

Angkutan kota (Angkot)

Angkot adalah transportasi yang umum di Bandung. Tarif angkot dimulai dari Rp 2.500, tergantung rute Anda.

 

Taksi

Banyak taksi di Bandung yang tidak menggunakan argo dan menawarkan harga yang lebih mahal. Pastikan cari yang menggunakan argo. Yang paling disarankan adalah Blue Bird. Tarif tergantung pada perjalanan Anda, tapi semua dimulai dari Rp 3.600 per kilometer.

 

Bus DAMRI

Bus DAMRI melayani rute hampir ke seluruh pelosok kota Bandung. Tarif per penumpang berkisar antara Rp 2.000 (ekonomi) dan Rp 3.000 (AC).

Sewa mobil

Harga sewa mobil mulai dari Rp 350.000 per hari, tergantung jenis mobilnya. Jika hendak menyewa mobil tanpa sopir, ada baiknya mempelajari rute Bandung sebelumnya. Banyak jalan yang hanya satu arah. Plang jalan pun sedikit jumlahnya.
(Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Iklim di Bandung

Letaknya yang berada sekitar 768 meter di atas permukaan laut membuat iklim di Bandung lebih dingin dibanding Jakarta. Di Bandung, suhu udara rata-rata 22°C di siang hari dan 17°C di malam hari.

 

Bahasa daerah di Bandung

Warga Bandung masih sering berbicara dalam bahasa Sunda dalam keseharian mereka. Namun, bahasa Sunda juga memiliki beberapa dialek yang mencakup daerah-daerah di luar Bandung, seperti Bogor dan Indramayu. Khususnya di Bandung, yang dipakai adalah dialek selatan/priangan.

 

Istilah lokal populer

“Kumaha damang?” berarti “Apa kabar?”.
“Hatur nuhun” berarti “Terima kasih”.

 

Objek Wisata di Bandung

Bandung menawarkan beraneka ragam objek wisata seperti wisata kuliner, wisata alam, wisata budaya, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang populer di Bandung:

 

Kawah Putih Ciwidey

Kawah yang terletak di lokasi Gunung Patuha ini tak ada duanya di Bandung. Wisatawan dapat melihat air yang berwarna putih kehijau-hijauan bahkan dapat berubah menjadi coklat muda dikarenakan suhu temperatur yang naik-turun. Kanan dan kiri kawah ini dipenuhi oleh tumbuhan hutan tropis berupa pohon-pohon tinggi yang bertumbuh rapat.
Alamat: Kawah Putih Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972
HTM:
  • Rp 15.000 (domestik)
  • Rp 30.000 (mancanegara)

Jam buka:
Senin - Minggu: 07:00 - 17:00

 

Trans Studio Bandung (TSB)

TSB  berdiri sejak Juni 2011. Studio ini adalah milik PT Transcorp Indonesia dan merupakan taman bermain indoor (atau indoor theme park) terbesar di dunia dengan luas 4.2 hektar. Di dalamnya, terdapat 20 wahana permainan untuk anak-anak hingga dewasa, seperti Giant Swing dan Vertigo.
Alamat: Jl. Gatot Subroto 289, Bandung, Jawa Barat 40273
HTM:
  • Senin - Jumat: Rp 150.000
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: Rp 250.000
  • Akses VIP: Rp 250.000
HTM untuk menuju Trans Studio Bandung harus menggunakan kartu Mega Cash. Kartu ini khusus dibuat oleh Bank Mega untuk melakukan transaksi di setiap wahana permainan TSB. Harga setiap kartunya sebesar Rp 10.000.
Jam Buka:
  • Senin - Jumat: 10.00 - 22.00
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: 09.00 - 22.00

 

De’Ranch Lembang

Ingin menjadi Cowboy? De’Ranch adalah destinasi Anda! Lahannya yang luas dan hijau menjadikannya mirip dengan zaman Cowboy di Amerika. Rasakan nuansa liburan yang berbeda ini sambil menunggang kuda dan berpakaian ala Cowboy.
Udara dingin dan asri sangat terasa di De’Ranch. Selain berwisata kuda, terdapat banyak jenis permainan seperti Flying Fox dan Trampoline.
Harga untuk setiap permainan dimulai dari Rp 15.000 per sesi.
Alamat: Jl. Maribaya No. 17 Cikahuripan Lembang, Jawa Barat 40791
HTM: Rp 5.000 (tiket masuk dapat ditukarkan dengan segelas susu sapi segar)
Jam Buka:
  • Selasa - Jumat: 09.00 - 17.00 (Senin tutup)
  • Sabtu - Minggu: 08.00 - 18.00

 

Kampung Gajah Wonderland

Sayang jika belum pernah mengajak keluarga Anda ke sini. Tempat ini disebut Kampung Gajah bukan karena dipenuhi banyak gajah, yang ada hanyalah hiasan patung gajah.
Ada 20 macam wahana permainan yang dapat melengkapi liburan keluarga Anda, mulai dari berenang, kuliner, hingga berbelanja oleh-oleh yang identik dengan tempat wisata ini.
Alamat: Jl. Sersan Bajuri Km 3.8, Isola, Sukasari, Lembang, Jawa Barat 40154
HTM:
  • Senin - Jumat: Rp 10.000
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: Rp 20.000
Kalau ingin menikmati seluruh permainannya, siapkan uang sebanyak Rp 150.000 untuk satu hari penuh mulai dari Senin sampai Jumat. Untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur, harganya Rp 200.000.
Jam Buka:
  • Senin - Jumat: 09.00 - 18.00
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur: 08.00 - 18.00

 

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang menyerupai perahu terbalik. Menurut mitos, tokoh legenda Sunda bernama Sangkuriang menendang sebuah perahu hingga terbalik yang sekarang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.
Gunung yang terakhir meletus tahun 2013 ini berketinggian sekitar  2.084 meter.
Alamat: Jl. Raya Tangkuban Perahu No. 282, Cikole, Lembang, Jawa Barat 40391
Jam Buka:
Senin - Minggu: 07.00 - 17.00
HTM:
Senin - Minggu: Rp 17.000 (domestik), Rp 75.000 (mancanegara)
Biaya parkir:
  • Kendaraan roda dua: Rp 5.000 (lokal), Rp 7.000 (asing)
  • Kendaraan roda empat: Rp 10.000 (lokal), Rp 15.000 (asing)
  • Kendaraan roda enam: Rp 20.000 (lokal), Rp 25.000 (asing)
(Harga dam jam buka dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Wisata budaya di Bandung

Saung Angklung Udjo

Saung ini merupakan tempat pertunjukan seni musik semi modern dan tradisional, kerajinan tangan dari bambu, dan workshop alat musik dari bambu. Di dalamnya, wisatawan dapat mengamati cerita sejarah alat musik ini bahkan melihat langkah-langkah pembuatannya.

 

Kawasan Gedung Sate

Gedung Sate adalah kantor pusat pemerintahan Jawa Barat. Menariknya, gedung ini merupakan ikon kota Bandung karena dianggap termegah pada zaman kolonial. Disebut Gedung Sate karena pada puncak bangunan utamanya terdapat ornamen menyerupai tusuk sate.
Lingkungan di sekitarnya pun tak kalah menarik, Anda dapat menyaksikan bangunan kuno lainnya seperti Museum Pos Indonesia, Museum Geologi, dan Gedung Dwiwarna.
Mengingat kepopuleran Gedung Sate, banyak wisatawan datang untuk mengagumi arsitektur khas Belanda termegah di kota bersejarah ini.

 

Jl. Braga

Jl. Braga adalah sebuah jalan utama di Bandung yang berada diantara gedung-gedung bergaya khas Belanda. Pada zaman dahulu, Jl. Braga dikenal sebagai salah satu pusat fashion di Bandung. Konon, kawasan ini juga dikenal sebagai area prostitusi ala “Red District” warga Belanda. Saat ini, dari pagi hingga malam suasananya hampir tak pernah sunyi.

 

Wisata malam di Bandung

Embassy

Embassy merupakan salah satu klub eksekutif yang populer di Bandung dan selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan. Musik yang kerap dimainkan di sini beraliran Hip-hop, House, dan RnB.
Alamat: Jl. Cihampelas No. 160, Bandung, Jawa Barat

 

Public Bar

Konsep suasana Public Bar memadukan antara gaya restoran dan bar, dengan desain interior bermodel bar-bar di Amerika. Terdapat tiga ruangan di sini, yaitu indoor, bar, dan outdoor.
Alamat: Jl. Riau No. 90, Bandung, Jawa Barat

 

Sierra

Jangan lewatkan tempat makan yang satu ini jika Anda membawa pasangan ke Bandung. Restoran tiga lantai ini memberikan nuansa romantis, terutama di malam hari.

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 33, Bandung, Jawa Barat

Tempat makan rekomendasi di Bandung

Warung Nasi Ampera, Jl. Soekarno Hatta No. 394, Bandung, Jawa Barat
The Valley, Jl. Lembah Pakar Timur 28 Dago, Bandung, Jawa Barat
Yoghurt Cisangkuy, Jl. Cisangkuy No. 66, Bandung, Jawa Barat
Surabi ‘Enhai’, sepanjang Jl. Dr. Setiabudi (samping kampus NHI), Bandung, Jawa Barat
Karnivor Café & Resto, Jl. Riau No. 127, Bandung, Jawa Barat

 

Tips wisata di Bandung

  • Bila Anda menggunakan taksi, usahakan cari yang bermerek Blue Bird dan yang menggunakan argo. Perlu diketahui bahwa ada banyak taksi di pusat keramaian Bandung (Dago, Lembang, dan Braga) yang langsung menetapkan harga lebih mahal dari yang semestinya.
  • Sempatkan waktu untuk memetik buah strawberry langsung dari perkebunannya di kawasan Ciwidey.
  • Jika Anda menginap di kawasan Ciumbuleuit, jangan lupa membawa jaket atau pakaian tebal lainnya mengingat cuacanya dapat menurun hingga 15°C.
  • Saat tengah malam, hindari berjalan sendirian di kawasan Nanjung, Cibeureum, Padalarang, Lembang, dan Maribaya karena terdapat banyak geng motor berbahaya.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment