Pekerjaan Housekeping di kapal pesiar

Saya bekerja dibagian ini, sedikit banyak saya akan bercerita di Departemen ini.

Bagian ini dipimpin oleh seorang Manager dibantu oleh Asistant Manager, yang bertanggung jawab atas kebersihan seluruh kapal, day to day.

Di bagian inilah biasanya terdapat banyak crew dari Indonesia dengan posisi Hotel Steward, Assistant Stateroom, Stateroom Steward dan Floor Supervisor.
Inilah posisi ujung tombok kebersihan di kapal pesiar. Di posisi Stateroom Steward bahkan ada yang sudah bekerja selama lebih dari 15 tahun...!

Hotel Steward,
Di Indonesia untuk mudahnya dapat disamakan dengan Cleaning Service. Dengan jam kerja 10 jam, mulai jam 5 pagi sampai jam 5 sore total 12 jam dikurangi istirahat makan pagi satu jam dan makan siang satu jam. Anda akan bertugas di kolam renang/crew area/gang way, dgn tugas utama menjaga kebersihan area. Yang bertugas di kolam renang, selain cuci mata...heee... anda juga akan bertugas menata korsi- korsi panjang untuk disusun dgn rapih di sekitar kolam, distribusi handuk, nyikat kolam dll.
Dimalam embarkasi ( malam terakhir/akhir cruise sebelum menurunkan penumpang), kurang lebih jam 10 malam,  anda bersama Assistant Stateroom akan menurunkan luggage/koper dari koridor kamar tamu ke Marshaling Area, tempat di dek 3 dimana semua luggage dikumpulkan. Kapal sedang, biasanya selesai by midnight, paling telat jam 12.30. malam. Untuk Kapal besar biasanya selesai jam 00.02-00.03 pagi.
Besoknya, setelah semua penumpang turun, kurang lebih jam 1.30 siang, anda kembali akan menaikkan luggage penumpang baru.. kalau  KAPAL SEDANG biasanya selesai jam 6 sore. Kalau KAPAL BESAR.. bisa sampai jam 7 malam.
Salary US$ 500/month, tiket dibelikan oleh perusahaan. Next contrac kalau altitude baik dan kerjaan bagus biasanya naik posisi ke Assistant Stateroom.

Assistant  Stateroom
Bersama dengan Stateroom Steward akan menangani  kebersihan kamar tamu/guest cabin
Assistant  Stateroom juga bertugas menjaga kebersihan di publik /guest area. Disini dibagi menjadi 4 Group : A, B, C, D.
Group A jam kerja dari Pukul 8.00-13.00 di Guest Cabin, Pukul 14.00-19.00 di Public Area.
Group B dari pukul 8.00-13.00 di Guest Cabin. Pukul 19.00-23.30 di Public Area.
Group C dari pukul 7.00-13.00 di Publik Area Area. Pukul 18.00-22.00 di Guest Cabin
Group D dari pukul 18.00-22.00 di Guest Cabin. Pukul 23.30-05.00 di Guest Area.
Untuk Group A biasanya kita mendapat giliran Day-off. Biasanya pada waktu kerja di Public Area pada waktu Kapal di Port. Jadi kita bisa turun ke darat bareng-bareng tamu... Enjoy your day...., have a good day.
Salary US$ 1500 – 1800,-  tergantung Section besar/kecil,musim liburan atau musim sepi.Tipping system, ticket harus beli sendiri.

Stateroom Steward
Tugas utamanya adalah take care tamu, greeting tamu WELCOME ON BOARD,  diterjemahkan dengan selalu menjaga kamar tamu bersih dan rapi, memahami keinginan tamu dll.
Jam kerja 8.00-13.00. Sambung lagi sore hari mulai jam 18.00-22.00.
Stateroom Steward dan Assistant Stateroom akan sangat sibuk pada hari terakhir cruise, dimana ia akan membereskan semua kamar tinggalan tamu sebelumnya, hingga siap digunakan oleh tamu yang baru. Tidak seperti Hotel pada umumnya dimana tamu datang dan pergi silih berganti, kalau di Kapal Pesiar sekali Cruise anda minimal akan mempersiapkan 25 kamar dengan kamar yang rata-rata berantakan...!. Stateroom Steward tidak ada hari libur, ia akan mendapat libur apabila dapat point section terbersih/dapat guest comment terbaik.
Salary  +/-US$ 2500-4000,- tergantung besar kecilnya Section dan musim liburan atau musim sepi. Tipping System, ticket beli sendiri.

Floor Supervisor
Bertanggungjawab langsung ke Asisstant Manager, bertugas mengawasi/ men check hasil pekerjaan Stateroom/Asisstant Stateroom. Biasanya mengawasi dua lantai yang mencakup lebih dari 20 section. Dibagian ini masih jarang orang Indonesianya. Kesulitan utama adalah apabila sesama orang Indonesia biasanya ada rasa sunkan/bias, sehingga penilaian menjadi tidak obyektif. Posisi ini juga rawan konflik. Di Carnival posisi ni banyak di pegang orang-orang dari Eropa Timur yang nota bene mereka sebagai manusia biasa tentunya mempunyai sisi humanis juga. Pandai-pandailah menjaga hubungan dengan mereka.

Assistant Manager
Bertanggung jawab ke Manager, untuk memastikan area yang ditugaskan dalam keadaan bersih, neat dan tiddy. Sudah ada beberapa orang Indonesia yang menduduki posisi ini. Dari beberapa kali diskusi dgn mereka biasanya ada rasa sungkan dgn orang sendiri, kalau dikasih kelonggaran kitanya pada ngelunjak, dikerasin pada ngancam kalau pulang ke rumah..... baik-baiklah dengan mereka ..kita sama-sama mencari penghasilan demi masa depan kita atau keluarga kita.

Laundry

Dipimpin oleh seorang Manager, Assistant Manager, Laundry Atendant. Kemudian ada Linen Keeper,Taylor. Dibagian ini 99 % adalah  orang Indonesia. Asli Indonesia..Made in Indonesia.