Google Drive

 Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dariGoogle Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga


Menurut perwakilan Google, Sundar Pichai, Drive memungkinkan pengguna mengunggah dan mengakses berbagai file seperti video, foto, Google Docs dan PDF.
Semua dapat dilakukan. Anda dapat mengakses file dari mana saja. Di rumah, kantor, atau bahkan saat berada jauh dari perangkat anda, dengan media penyimpanan berbasis awan ini.
Menurutnya, Drive dapat digunakan di komputer Mac dan merek lain. Selain itu, Drive juga bisa digunakan di komputer tablet dan ponsel bersistem operasi Android.
Tidak hanya itu, pengguna yang mengalami gangguan penglihatan pun dapat mengakses Drive menggunakan alat pembaca layar (screen reader).
Banyak sekali media penyimpanan online yang tersedia, diantaranya adalahDropBoxGoogle Drive, dan SkyDrive. Ketiga produk tersebut memiliki fungsionalitas yang hampir sama. perbandingan diantara ketiganya adalah :
Storage Space and File Sizes
Untuk kategori ini, SkyDrive masih lebih bagus dari DropBox dan Google Drive untuk free user. DropBox menyediakan kapasitas 2GB (bisa ditambah dengan cara referral), Google Drive menyediakan 5GB. Sedangkan SkyDrive menyediakan kapasitas sebesar 7GB. Batasan untuk upload file melalui browser untuk SkyDrive dan DropBox adalah sebesar 300MB, sedangkan untuk Google Drive adalah sebesar 10GB. Akan tetapi file sebesar 10GB hanya bisa di upload oleh premium user, karena perlu upgrade untuk mendapat kapasitas lebih dari 5GB.
Additional Storage and Prices
Jika kapasitas yang didapatkan secara gratis dirasa masih kurang mencukupi kebutuhan, maka dapat dilakukan penambahan kapasitas dengan biaya yang sudah ditetapkan. Dari segi harga penambahan kapasitas, SkyDrive masih merupakan yang terbaik untuk kategori ini. Untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB dibutuhkan biaya Rp 456.000/tahun ($49.47 untuk nilai tukar Rp 9.218,- (finance.yahoo.com 12 Mei 2012))  atau dengan kata lain kita membutuhkan $0.49 untuk setiap 1GB untuk 1 tahun. DropBox membutuhkan biaya $199.00/year untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB, yang artinya membutuhkan biaya sebesar $1.9 untuk setiap 1GB untuk 1 tahun. Sendangkan Google Drive membutuhkan biaya sebesar $59.88 untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB, yang berarti dibutuhkan biaya sebesar $0.59 untuk 1GB untuk 1 tahun.
Beberapa fitur yang tersedia di layanan Google Drive:
  1. Kapasitas penyimpanan dokumen gratis hingga 5GB.
    Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan gratis bagi penggunanya sebesar 5GB, tidak terhitung dokumen yang Anda buat melalui Drive. Anda dapat mengupload 30 jenis file termasuk file Photoshop, video, foto dan sebagainya. Google Drive mendukung hampir seluruh jenis file yang populer.
  2. Berbagi file, folder dan seluruh isi drive Anda.
    Sama seperti Google Docs, Anda dapat berbagi file melalui Google Drive. Hanya dengan meng-klik kanan di file atau folder dan memilih “Share” dan memilih opsi sharing yang ada. Untuk mengijinkan seseorang dapat mengakses seluruh drive Anda, klik tombol orang tersebut dan tanda tambah (plus) di bagian atas.
  3. Menggunakan sistem pencari Google.
    Dengan teknologi pencarian Google yang dibenamkan di aplikasi Google Drive, Anda dapat melakukan pencarian foto pada bagian ‘search’. Anda juga dapat melakukan pencarian teks pada dokumen yang di-scan. Setelah beberapa pengujian, fitur ini ternyata tidak sepenuhnya dapat dipercaya, tapi cukup pantas untuk dicoba sebagai penolong pencarian file atau foto.
  4. Mengkolaborasikan video, foto dan lainnya.
    Fitur kolaborasi Google Docs sekarang tersedia untuk berbagai jenis file. Sebagai contoh, jika Anda meng-upload sebuah video di Drive dan berbagi dengan seseorang, Anda dapat berdiskusi mengenai video tersebut dengan fasilitas komentar.
  5. Menginstal aplikasi dari pihak ketiga.
    Developer pihak ketiga dapat membangun aplikasi yang dapat bekerja dengan baik di Google Drive. Anda dapat melakukan edit foto dengan menggunakan aplikasi Pixlr, mengirim fax secara gratis dengan aplikasi HelloFax dan menandatangani dokumen resmi dengan aplikasi DocuSign. Semuanya dapat dilakukan lewat layanan Google Drive. Untuk mendapatkan aplikasi ini dan lainnya, kunjungi Google Drive > Settings > Manage apps > Get more apps.

Beberapa Keunggulan yang tersedia di layanan Google Drive:
  1. Menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5GB secara gratis.
  2. Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lainnya.
    Hampir seluruh aplikasi dari Google terintegrasi dengan baik diGoogle Drive. Seperti untuk melakukan pelampiran (attachment) di Gmail, Anda dapat mengakses file dengan cepat melalui Drive dan pengguna Google+ dapat mencari video dan gambar di Drive secara instan untuk mensharingnya di jejaring sosial.
  3. Aplikasi pihak ketiga menjadi salah satu pemeran penting.
    Google tidak membatasi Drive, bahkan membuka peluang bagi pihak ketiga untuk membuat aplikasi yang dapat didukung oleh Google Drive.
  4. Window, Mac dan Android dapat turut serta meramaikan Google Drive.
    Salah satu keunggulan penting Google Drive adalah layanan ini dapat mendukung berbagai platform termasuk Apple dan Microsoft. Perusahaan mengatakan pada 24 April yang lalu bahwa Drive juga akan mendukung berbagai perangkat yang berbasis Windows, Mac dan tentunya Android.
  5. Perusahaan menyatakan akan mendukung iOS secepatnya.
  6. Google Drive dapat mendukung berbagai jenis file.
    Menurut perusahaan, Google Drive dibenamkan dengan pendukung file native yang dapat mendukung hingga 30 jenis aplikasi format file berbeda. Jadi Anda tetap dapat membuka file seperti Photoshop atauIllustrator meskipun tidak memiliki aplikasi tersebut di komputernya.
  7. Melihat perubahan masa lampau.
    Menurut Google, Google Drive mengijinkan pengguna untuk mengecek perubahan yang mereka lakukan dalam batas 30 hari sebelumnya. Lebih lanjut, perusahaan juga menyediakan cara lain bagi Anda untuk dapat menyimpan langkah revisi spesifik yang sangat penting untuk sepanjang waktu.
  8. Google Drive juga menyediakan layanan berbayar yang dapat memperbesar ruang penyimpanan Anda.
    Untuk ruang penyimpanan hingga 25GB = Anda harus membayar $2.49 per bulan, 100GB = $4.99 per bulan dan 1TB = $49.9 per bulan.
  9. Teknologi pencarian berperan penting.
    Seperti sejarah Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, pastinya perusahaan akan mengaplikasikan teknologi pencarian juga di Drive. Perusahaan mengatakan bahwa pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, jenis file, pemilik dan atribut lainnya. Bahkan juga dapat mencari dengan teknologi penyenalan gambar dan obyek yang berada di hasil scan suatu dokumen. 

Cara Menggunakan Google Drive
Untuk memulai Google Drive, pergi ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah Anda memiliki akses ke Drive, Anda siap untuk mulai menggunakan layanan ini.



Anda akan melihat bahwa Google Drive Anda sekilas terlihat dan bekerja sangat mirip Google Docs. Anda dapat membuat file, membuat koleksi folder, menggunakan bar bagian atas untuk mencari, dan meng-upload file dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam jendela browser.
Namun, tidak seperti Docs, kini Anda dapat mengelola seluruh drive dari desktop Anda dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya mudah, setelah Anda masuk drive.google.com, lihatlah sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah Anda mendownloadnya, perangkat Anda akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda buat akan tercermin dalam antarmuka Web, dan sebaliknya.
Selama Anda terkoneksi dengan Internet, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive , file Anda akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web Anda. Mudah bukan?

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment