cara agar android tidak lemot


Setelah ponsel android lama dipakai, entah kenapa perangkat tersebut menjadi semakin lemot. Ponsel yang lemot tentu akan mengganggu aktifitas di perangkat tersebut. Misalkan saja ketika ada telepon masuk, pengguna jadi lambat dalam menjawab dan masalah pun terjadi. Atau ketika anda mengetik di keyboard, pasti sangat mengesalkan ketika respon pengetikan menjadi terasa sangat lambat.
Penyebab Android Lemot

Adapun sebelum memberikan tips megenai cara mengatasi lemotnya android, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab ponsel pintar ini menjadi lemot:

1. Banyaknya proses aplikasi di latar belakang

Beberapa aplikasi mungkin memerlukan proses latar belakang yang realtime. Aplikasi semacam ini tentu akan memakan banyak pengguaan prosesor dan tentu saja proses lain akan terganggu. Semakin banyak aplikasi berjalan di latar belakang, maka semakin terasa lemot ponsel android anda.

Sebenarnya memori di android itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu RAM Memory dan Cache Memory. Ketika sebuah aplikasi dijalankan, aplikasi tersebut ditransfer dari memori internal menuju RAM Memory barulah diproses oleh prosesor. Ketika aplikasi tersebut tidak digunakan maka akan dipindah ke dalam Cache Memory. Aplikasi di Cache tidak akan membebani perangkat android anda. Android akan terasa lemot jika aplikasi memakan banyak proses di RAM dan bernaung di sana.

2. Memori RAM Penuh

Ketika memori RAM perangkat anda penuh kemudian ada aplikasi lain yang mengharuskan tetap berjalan di latar belakang, maka aplikasi akan direstart secara bergantian. Tentunya ini akan membebani perangkat android anda. Proses membuka dan menutup aplikasi di latar belakang secara bergantian memakan resource prosesor lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi yang berjalan normal di latar belakang.

3. Adanya Event Aplikasi

Tahukah anda bahwa di sistem operasi android ada yang namanya event aplikasi? Event aplikasi adalah suatu permintaan aplikasi kepada sistem untuk menjalankan aplikasi tersebut saat kondisi tertentu. Kondisi tersebut seperti : Perubahan koneksi jaringan Layar padam Layar terkunci Menginstall dan Uninstall aplikasi Menyalakan perangkat (startup) dll

Ketika suatu event tersebut terjadi, aplikasi yang bersangkutan akan dibangunkan dan menjalankan suatu tugas tertentu. Misalkan saja aplikasi antivirus yang menjalankan proses ketika menginstall maupun uninstall aplikasi. Atau aplikasi seperti Facebook yang menjalankan proses ketika terjadi perubahan koneksi jaringan. Hal ini membuat ponsel anda menjadi lemot. Mungkin anda pernah merasakannya ketika perubahan sinyal dari 3G ke GPRS atau sinyal yang sering hilang dan muncul, bagaimana rasanya?

4. Mengaktifkan layanan data (3G)

Coba anda bandingkan ketika ponsel android anda terkoneksi internet dengan ponsel android yang tidak terkoneksi internet, akan lebih terasa lemot yang mana? Mengaktifkan layanan data akan lebih banyak memakan resource prosesor. Ketika suatu perangkat android terkoneksi dengan internet, bayak aplikasi dilatar belakang yang aktif mensinkronkan diri. Umumnya aplikasi di latar belakang menggunakan layanan data push untuk tetap mendapatkan notifikasi dari suatu server. Inilah sebabnya aplikasi yang menggunakan koneksi internet secara realtime lebih banyak memakan resorce prosesor ketimbang dengan aplikasi yang tidak menggunakan koneksi data.
Mengatasi Android Lemot

silahkan tonton videonya di bawah ini, jangan lupa like dan komenya ya.....
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment