Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik | Surat lamaran kerja merupakan berkas yang sangat penting di dalam rangka anda mengajukan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Surat lamaran kerja ini adalah hal pertama yang akan dibaca oleh pihak HRD atau Personalia sebuah perusahaan yang sedang membuka lowongan itu.
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Tips menulis surat lamaran kerja yang baik dibutuhkan agar memperbesar peluang mendapat pekerjaan
Oleh karena itu, dianjurkan kepada anda agar dapat menulis surat lamaran kerja yang baik, supaya apa yang menjadi cita-cita anda di dalam rangka mengajukan lamaran pekerjaan itu terpenuhi, paling tidak bisa sampai dipanggil ke tahapan wawancara kerja, mudah-mudahan selanjutnya anda dapat diterima bekerja.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Nah, pada kesempatan kali ini akan diberikan informasi mengenai Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik. Di mana surat lamaran kerja anda itu akan menjadi cikal bakal kesuksesan anda di dalam mendapatkan pekerjaan.
1. Kesan personal
Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik, dianjurkan kepada anda agar ditulis dengan mengesankan kesan yang personal. Di mana misalnya surat lamaran kerja itu ditujukan kepada personal yang biasa mengurusi tentang hal ini. Ini jika memungkinkan. Contohnya ditujukan kepada Ibu Linda Somaya bagian HRD perusahaan anu.
2. Tulislah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Jika pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan itu tidak meminta harus menggunakan bahasa apa di dalam membuat surat lamaran kerja, maka sebaiknya anda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar yang sesuai dengan EYD.
3. Ditulis secara singkat dan padat
Dalam menulis surat lamaran kerja, hindari menulisnya secara panjang lebar dan bertele-tele, hingga satu halaman kertas tidak cukup. Dianjurkan dalam menulis surat lamaran kerja, harus satu halaman cukup, sehingga buatlah surat lamaran kerja anda itu dengan singkat dan padat.
4. Ditulis dengan menggunakan komputer
Jika tidak diminta ditulis dengan menggunakan apa oleh pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, maka sebaiknya ditulis dengan menggunakan komputer. Sebab diketik dengan menggunakan komputer, surat lamaran kerja akan rapi, dan demikian juga bisa mengesankan bahwa anda mampu mengoperasikan komputer paling tidak MS Word.
5. Perhatikan bagian penting surat lamaran kerja
Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik, harus terdiri dari beberapa bagian penting, di mana di antaranya adalah: tempat dan tanggal surat, lampiran, perihal, alamat yang dituju, salam pembuka, isi, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang anda.
6. Baca ulang surat lamaran kerja yang anda buat itu
Sebelum dimasukan ke dalam amplov misalnya, sebaiknya anda baca ulang kembali surat lamaran kerja yang sudah anda buat itu ketika beres diprint. Nah, jika terdapat kesalahan dalam surat lamaran kerja yang anda buat itu, maka sebaiknya jangan dihapus dengan tipe-x, melainkan sebaiknya anda perbaiki dulu di komputer, kemudian diprint ulang. Upayakan surat lamaran kerja yang akan anda kirimkan ke pihak perusahaan yang membuka lowongan dalam keadaan bersih.
Nah, itulah uraian singkat mengenai Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment