Tips dan Informasi Wisata di Solo

Surakarta atau dikenal juga dengan nama Solo berada di jalur strategis yang menghubungkan Yogyakarta dengan Semarang  (JOGLOSEMAR) dan Surabaya dengan Yogyakarta. Secara geografis, Surakarta diapit oleh Gunung Lawu dan Gunung Merapi di bagian utara dan barat, sedangkan di sisi timur dan selatan dibatasi oleh Sungai Bengawan Solo.
Dengan luas 44 km persegi dan jumlah penduduk 563.659 jiwa di tahun 2013, Surakarta merupakan kota kecil yang menjadi pusat perekonomian bagi daerah sekitarnya seperti kabupaten Karanganyar, Boyolali dan Sukoharjo. Tak heran jika Surakarta menjadi kota dengan gedung tinggi terbanyak di Jawa Tengah.

 

Sejarah

Pada 18 Februari 1745, Raja Pakubuwana II memindahkan kerajaan Mataram 10 km ke timur dari Kartasura, yaitu di tepi sungai Bengawan Solo. Momen inilah yang dipercaya menjadi hari kelahiran kota Surakarta.
Karena adanya perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 dan perjanjian Salatiga 17 Maret 1757, VOC (persekutuan dagang Belanda), kerajaan Mataram dan kelompok Pangeran Mangkubumi membagi wilayah Surakarta menjadi dua keraton, yaitu Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran.
Setelah Indonesia merdeka, sistem kerajaan di Surakarta dihapus dan kedua keraton dialihfungsikan menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Kemudian, 16 Juni 1946 ditetapkan sebagai hari jadi Surakarta yang otonom. Ini berarti Surakarta berhak mengurus dan mengatur pemerintahan daerahnya sendiri.

Cara ke Surakarta

Anda dapat menuju Surakarta dengan naik pesawat terbang, kereta api, mobil pribadi atau kendaraan umum.

Melalui udara

Terdapat Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC), Solo / Surakarta yang terletak sekitar 14 km di sebelah utara Surakarta.

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax
  • Penerbangan domestik Rp 30.000
  • Penerbangan internasional Rp 100.000

Transportasi dari dan ke bandara
Untuk menuju bandara, Anda dapat naik bus bandara (Batik Solo Trans) yang dapat mengangkut hingga 40 penumpang dari Terminal Tironadi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Harga tiket bus Rp 15.000 sekali jalan.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Melalui darat

Kereta api
Surakarta memiliki empat stasiun kereta api. Salah satunya adalah Stasiun Solo Balapan yang merupakan stasiun tertua di Indonesia, terletak dekat dengan Terminal Tirtonadi. Stasiun kereta api lainnya adalah Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo-Kota (Sangkrah) dan Stasiun Purwosari.
Jika Anda berangkat dari Jakarta, perjalanan kereta api menuju Surakarta memakan waktu sekitar 9 jam. Harga tiket kereta api dari Jakarta menuju Surakarta:
  • Kelas ekonomi mulai Rp 50.000
  • Kelas bisnis mulai Rp 180.000
  • Kelas eksekutif mulai Rp 295.000

Bus
Terminal Tirtonadi adalah terminal bus utama di Surakarta yang beroperasi 24 jam melayani rute bus dari berbagai kota di Pulau Jawa. Terdapat banyak pilihan penyedia jasa angkutan bus dengan beragam pilihan harga di terminal ini. Misalnya, dari Jakarta menuju Surakarta terdapat bus Kramat Djati, Shantika atau Safari Dharma. Perjalanan bus dari Jakarta menuju Surakarta membutuhkan waktu sekitar 11 jam.

Harga tiket bus dari Jakarta menuju Surakarta:
  • Kelas ekonomi mulai Rp 100.000
  • Kelas bisnis mulai Rp 135.000
  • Kelas eksekutif mulai Rp 185.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Objek Wisata di Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Surakarta terletak di kelurahan Baluwarti, Surakarta, tepatnya berada sekitar 1,8 km sebelah selatan Stasiun Solo Balapan. Di dalam komplek keraton terdapat dua alun-alun besar sebelah utara dan selatan seluas 54 hektar. Selain itu, juga terdapat Pasar Klewer dan Masjid Agung Surakarta di dalam komplek keraton.
Di dalam keraton, terdapat museum yang memiliki koleksi peninggalan kerajaan Mataram seperti alat perang, alat musik, seragam kerajaan hingga kereta kencana. Keraton Surakarta bisa dikunjungi setiap hari kecuali Jumat mulai pukul 09:00 hingga 14:00 WIB.

Harga tiket masuk:
  • Wisatawan domestik Rp 10.000
  • Wisatawan mancanegara Rp 15.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu dalam bahasa Indonesia artinya air terjun seribu. Kata ‘seribu’ di sini adalah satuan hitung (telapak kaki orang dewasa) yang dipakai untuk mengukur ketinggian pada zaman dulu.
Air terjun setinggi 80 meter ini berada di dalam kawasan hutan wisata seluas 20 hektar yang terletak di kabupaten Karanganyar. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti Taman Binatang Hutan, kolam renang, kios makanan dan cinderamata.

Jam buka Grojogan Sewu: pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Harga tiket masuk di hari biasa:
  • Wisatawan domestik Rp 11.000
  • Wisatawan mancanegara Rp 110.000

Harga tiket masuk di hari libur / tanggal merah:
  • Wisatawan domestik Rp 13.500
  • Wisatawan mancanegara Rp 160.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Pura Mangkunegaraan

Pura Mangkunegaraan adalah sebuah istana tempat tinggal Sri Paduka Mangkunegara. Di dalamnya terdapat pendopo terbesar di Indonesia yang berdesain campuran Jawa-Eropa dan dapat menampung 5.000 hingga 10.000 orang.
Daya tarik pura ini terdapat pada empat pilar kayu jati yang konon berasal dari satu pohon jati besar di hutan Donoloyo, Wonogiri. Di sekitar pendopo, terdapat banyak patung berlapis emas dengan gaya Eropa.
Di dalam pura, terdapat koleksi kereta kencana, topeng tradisional dan lukisan karya pelukis ternama asal Surakarta, Basuki Abdullah. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi gamelan yang dimainkan pada hari tertentu untuk mengiringi latihan tari tradisional di pendopo.

Jam buka Pura Mangkunegaraan: setiap hari pukul 8:30 hingga 14:00 WIB.

Harga tiket masuk:
  • Wisatawan domestik Rp 10.000
  • Wisatawan mancanegara Rp 18.000

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

Tips Wisata ke Surakarta
  • Jika Anda penggemar batik dan budaya, sempatkan menghadiri Karnaval Batik Solo di bulan Juni dan Solo Batik Fashion di bulan Juli tiap tahunnya.
  • Bagi pecinta kuliner, sempatkan datang ke pusat kuliner malam hari di Surakarta yang dikenal dengan nama Gladag Langen Bogan. Lokasinya adalah di Jalan Mayor Sunaryo, depan Beteng Trade Solo dan Pusat Grosir Solo. Kawasan kuliner ini buka mulai pukul 17:00 hingga 24:00 WIB.

Hotel Lainnya di Solo




Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment