Tugas dan Tanggung Jawab GRO Hotel


Guest Relation Officer Hotel adalah salah satu petugas yang 
berhubungan langsung dengan tamu, mereka adalah orang pertama yang 
menyambut dan memberikan salam pada saat tamu tiba. Demi memberikan 
pelayanan yang terbaik kepada tamu seorang GRO harus memastikan selama 
tamu menginap mereka mendapatkan kesan atau atau pengalaman yang tak 
terlupakan. Posisi GRO juga memastikan tamu merasa senang dan nyaman 
sejak pertama kali mereka menginjakan kaki sampai mereka pergi 
meninggalkan hotel. 




  • Responsible

Seorang GRO harus memiliki kemampuan untuk menghafal atau mengenali 
nama nama tamu, walaupun GRO tidak dapat menghafal nama seluruh tamu 
yang menginap pada saat itu, mereka setidaknya bisa menghafal tamu 
tamu tetap (repeater guests).


GRO menyambut dan mengucapkan selamat datang kepada tamu yang tiba dan 
mengucapkan salam perpisahan saat tamu akan pergi. GRO meriview daftar 
tamu harian yang akan tiba (Expected Arrival List) mendampingi, 
menyiapkan dan mendistrubusikan aminities untuk menyabut tamu tiba. 
GRO bertugas mengantar tamu VIP ke kamar dan megecek kondisi 
kamar-kamar tersebut sebelum tamu masuk. GRO harus bertindak sigap dan 
tangkas dalam membantu tamu sesuai apa yang mereka butuhkan. Ketika 
ada komplain, GRO akan mengizinkan tamu untuk berbicara terlebih 
dahulu kemudian menawarkan solusi.

GRO mencatat segala aktifitas harian di logbook untuk memastikan 
petugas shift selanjutnya mengetahui segala sesuatu yang membutuhkan 
perhatian ekstra (Extra Attention). Seorang GRO juga harus selalu 
menjaga sikap ramah tamah dan etika dalam menyambut tamu, selain itu 
GRO juga mempromosikan seluruh fasilitas hotel dan mengetahui area 
sekitar jika suatu saat tamu menanyakan arah, 
GRO harus menghafal dan mengenali tempat tempat terbaik untuk 
berwisata, berbelanja dan wisata kuliner.



  • Apperence

Seorang GRO harus memperhatikan standar grooming. Memakai pakaian yang 
lengkap sesuai dengan peraturan dari manajemen hotel, mereka juga 
harus menggunakan 'name tag' agar tamu mengetahui nama mereka, rambut 
harus selalu rapi dan memiliki warna yang natural. GRO wanita harus 
menggunakan riasan yang tidak berlebihan, harus tetap terlihat simpel, 
profesional, dan alami. GRO juga memastikan kuku kuku jari mereka 
bersih, tidak ada tato dan tindikan di area wajah kecuali telinga. 
Karena hampir seluruh kegiatan GRO berbicara dengan tamu, maka dari 
itu penting untuk menjaga nafas agar tetap segar, walaupun begitu 
mengunyah permen karet pengharum nafas sangat dilarang saat bekerja.



  • Potensi

Seorang GRO dapat mengajukan promosi di perusahaan, seperti contoh GRO 
bisa mengajukan posisi di supervisory atau managerial. GRO bisa 
menjadi GRO Supervisor/Manager, Front Desk Supervisor/Manager dan bisa 
juga menjadi Duty Manager. Untuk meningkatkan karir di managerial GRO 
harus mendapatkan pengalaman dan pelatihan tambahan dengan memiliki 
pendidikan yang lebih tinggi, selain dari diploma, mereka juga harus 
menyelesaikan pendidikan master, program yang cocok adalah seperti 
jurusan Pariwisata, Bisnis Administrasi dan Manajemen.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment