Banyak pelajar Lampung direkrut jadi begal di Jakarta


Lampung acapkali disebut akhir-akhir ini sebagai wilayah sarang begal. Tak tanggung-tanggung para pembegal ini pergi ke daerah-daerah lain, seperti Jakarta untuk melancarkan aksinya.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih mengatakan bahwa dari tiga kali operasi ratusan begal telah diringkus. Daerah Jabung dan melinting Kabupaten Lampung Timur adalah dua daerah yang paling banyak terdapat begal.

"Selama operasi ada ratusan begal ditangkap, sebagian dibina dan didik. Umur mereka kebanyakan pelajar umur belasan tahun yang pernah berangkat ke Jakarta," ungkap Sulistyaningsih saat dihubungi merdeka.com, Senin (9/3).

Banyak pelajar Lampung direkrut jadi begal di Jakarta

Dari cerita yang disampaikan orangtua, polisi sementara mengindikasikan pola perekrutan begal yang dibawa dari Lampung ke Jakarta dan sekitarnya.

"Kebanyakan orangtua mereka petani, buruh dan nelayan. Pernah ada satu kasus orangtua mereka tidak tahu anaknya pergi kemana. Anaknya diajak pergi sama orang tidak dikenal sama orang Jakarta ke Subang tahu-tahu bunuh orang katanya dijebak dengan dikasih minum jadi berani bunuh," pungkas dia.

Kemudian ibu pelaku menangis mengadu kepada Sulis karena anaknya hilang tanpa kabar, namun saat bertemu kembali sudah menjadi narapidana.

Sampai saat ini, polisi masih mendalami motif demikian, termasuk siapa perekrut anak-anak tanggung di Lampung. Selanjutnya upaya Polda Lampung saat ini terus menekan jumlah kriminalitas begal di Lampung.

"Kenyataannya memang begitu. Sekarang operasi lagi intinya menciptakan kondisi kondusif agar masyarakat bisa beraktivitas tidak ada rasa takut bepergian," pungkas dia.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment