Info dan Tips Bepergian ke Dumai

Kota Dumai terletak di Provinsi Riau sekitar 188 km arah utara Pekanbaru. Dumai merupakan kota terluas se-Indonesia dengan luas wilayah sebesar 1.772,38 km2. Dumai terletak di pesisir pantai pulau Sumatera sebelah timur dan berdekatan dengan negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia.
Dumai terkenal sebagai kota pelabuhan dan aktivitas perusahaan perminyakan. Selain aktivitas perminyakan, pelabuhan Dumai juga sibuk akan aktivitas nelayan. Karena itu, Dumai ditetapkan sebagai kota minapolitan atau sentral industri perikanan.
Iklim dan cuaca di Dumai adalah tropis dengan rata-rata suhu udaranya sekitar 21 – 35 derajat Celcius.

 

Cara ke Dumai

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Dumai:

 

Melalui udara

Dumai memiliki Bandara Pinang Kampai, namun bandara ini hanya digunakan untuk kepentingan perusahaan minyak. Untuk penerbangan komersil, dapat dilakukan dengan cara menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (PKU) di Pekanbaru terlebih dulu lalu melanjutkan perjalanan melalui darat.

Passenger Service Charge (PSC) atau airport tax:
  • Domestik: 45.000
  • Internasional: Rp 150.000

 

Transportasi dari dan ke bandara
Berikut ini adalah beberapa pilihan menuju Dumai dari bandara:

 

Travel

Di Pekanbaru terdapat jasa travel dengan rute Pekanbaru-Dumai dan sebaliknya.
Tarif menggunakan jasa travel sebesar Rp 120.000, lama perjalanan sekitar 6 jam.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui darat

Bus
Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat menuju Dumai dengan bus PO Handoyo. Bus ini dapat Anda temukan di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.
Tarif Rp 400.000 untuk kelas patas AC.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Melalui laut

Letak Dumai yang berbatasan dengan Malaysia membuat Anda dapat menjangkau Dumai dari Melaka, Malaysia dengan kapal ferry. Kapal ferry yang beroperasi adalah Indomal Express, dilayani oleh Tunas Rupat Follow Me Express.
Tarif dari Melaka ke Dumai sekitar RM 110 atau sekitar Rp 400.000 rupiah.

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Objek wisata di Dumai

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi selama berada di Dumai:

 

Danau Bunga Tujuh

Danau Bunga Tujuh terletak di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur sekitar 8 km dari pusat kota Dumai. Danau Bunga Tujuh memiliki luas area sekitar 47 hektar.
Di sini, Anda dapat mengelilingi danau dengan kereta air atau kereta kincir naga. Setelah lelah mengitari danau, Anda dapat bersantai sambil menikmati panorama dan udara sejuk di pondok-pondok peristirahatan yang ada di sekitar danau.

Harga tiket masuk: Gratis

 

Pantai Teluk Rhu

Ada yang unik dari Pantai Teluk Rhu ini, yaitu warna pasir pantainya yang putih bagai mutiara. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan panorama pantai yang masih alami dan indah. Pohon Cemara Udang terdapat di sepanjang pesisir pantai, cocok sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari.

Untuk ke sini, Anda dapat menggunakan kapal cepat (speedboat) dari pelabuhan Dumai.
Tarif speedboat seharga Rp 110.000 dengan jadwal pukul 09:00 dan 15:00 WIB.

Harga tiket masuk: Gratis

(Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu)

 

Batu Tapak Harimau

Batu Tapak Harimau terletak di Kelurahan Pelintung. Alkisah, terdapat harimau sakti yang bisa mengusir dan menghadapi musuh-musuhnya hanya dengan sekali hentakan kaki. Konon, batu ini merupakan bekas hentakan kaki harimau tersebut. Sekarang situs ini dijadikan tempat wisata oleh pemerintah kota (pemkot) Dumai.

Harga tiket masuk: Gratis

 

Hutan Wisata

Taman Hutan Wisata Dumai terletak sekitar 5 km dari pusat kota Dumai. Kawasan hutan wisata ini memiliki suasana hening dan kesejukan yang dihasilkan oleh pohon pinus.
Anda juga akan menemukan berbagai fauna di sini, salah satunya adalah kera. Anda dapat berinteraksi dengan kera-kera di sini dengan cara memberi makan pisang.

Harga tiket masuk: Gratis

 

Tips wisata di Dumai

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda ketika berkunjung ke kota Dumai:
  • Bagi Anda pecinta kopi, sempatkan mampir di Vienna Coffee & Tea Shop yang menyuguhkan berbagai jenis kopi Nusantara.
  • Bagi pecinta dan pemburu hidangan kuliner dengan menelusuri sepanjang Jalan Hasanuddin pada malam hari. Anda akan puas mencicipi hidangan di sini karena harganya yang terjangkau.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment